3 Kekurangan Xiamaro Thenu, Lionel Messi Keturunan Belanda-Maluku yang Ingin Bela Timnas Indonesia
Mengenal lebih jauh sosok Xiamaro Thenu, winger lincah berdarah Belanda-Maluku yang bisa jadi opsi untuk lini serang Timnas Indonesia. (Instagram Xiamaro Thenu)
20:36
4 Oktober 2024

3 Kekurangan Xiamaro Thenu, Lionel Messi Keturunan Belanda-Maluku yang Ingin Bela Timnas Indonesia

Pemain kelahiran Belanda-Indonesia, Xiamaro Thenu, dianggap memiliki sejumlah kekurangan. Sosok yang dapat julukan Lionel Messi Belanda-Maluku ini sebetulnya sudah terbuka untuk membela Timnas Indonesia.

Sebelumnya, Xiamaro Thenu sudah menyampaikan hasratnya untuk tampil bersama Timnas Indonesia. Itu disampaikan pemain kelahiran Belanda ini saat menjalani wawancara bersama Yussa Nugraha.

"Dan saya juga berpikir ketika Anda melihat bagaimana suporter Timnas Indonesia itu luar biasa," kata pemain yang bisa mengisi pos bek sayap kiri maupun bek tengah itu dikutip dari kanal YouTube Yussa Nugraha.

"Mungkin sudah ada kontak tapi dia (agen saya) belum mau cerita. Karena di balik layar, mungkin dia sedang mengurus hal itu. Saya tak tahu. tapi tentunya saya terbuka untuk membela Timnas Indonesia," tambahnya. 

Baca Juga: HUT TNI ke-79: Tema, Logo, dan Acara Puncak di Silang Monas

Berikut Suara.com menyajikan sejumlah kekurangan yang dimiliki Xiamaro Thenu untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia.

1. Belum Tampil di Tim Senior

Sampai saat ini, pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu belum berhasil menembus skuad utama Vitesse. Sebab, Xiamaro Thenu baru menjadi bagian dari Vitesse U-21 yang tampil di kompetisi junior.

Hal inilah yang membuat kiprah Xiamaro Thenu masih belum bisa diukur dengan baik untuk bisa menjalani proses naturalisasi. Dia harus terlebih dahulu menembus tim senior untuk membuktikan kualitasnya.

2. Timnya Kasta Kedua

Baca Juga: Jadwal Negara ASEAN di FIFA Matchday Oktober 2024, Timnas Indonesia Beda Kelas

Selain itu, status Xiamaro Thenu bersama klubnya juga menjadi pertimbangan. Sebab, Vitesse saat ini berkompetisi di kasta kedua Liga Belanda. Itu berarti dia tak termasuk kategori pemain Grade A.

Sebagai informasi, tim senior Vitesse saat ini berkompetisi di Eerste Divisie atau kasta kedua Liga Belanda. Hal ini membuat pemain berusia 19 tahun itu kurang menarik karena persaingannya tak begitu ketat.

3. Terlalu Banyak Pesaing

Di posisi bek kiri, Xiamaro Thenu juga harus menghadapi persaingan yang ketat untuk mendapatkan menit bermain. Di level senior, dia bakal kesulitan menggeser Calvin Verdonk, Shayne Pattynama, hingga Nathan Tjoe-A-On.

Sementara itu, di skuad Timnas Indonesia U-20, ada sosok Dony Tri Pamungkas yang telah menjadi kepercayaan Indra Sjafri. Dony juga berperan sebagai kapten.

Selain Dony, ada pula Tim Geypens, pemain keturunan Indonesia-Belanda yang sudah mendapatkan lampu hijau untuk menjalani proses naturalisasi.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #kekurangan #xiamaro #thenu #lionel #messi #keturunan #belanda #maluku #yang #ingin #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR