Nyaris Kehilangan Podium, Pedro Acosta Sukses Mencapai Finish di Posisi Kedua di Tahun Pertamanya Mengikuti MotoGP
Potret Pedro Acosta (Instagram @37pedroacosta)
12:05
30 September 2024

Nyaris Kehilangan Podium, Pedro Acosta Sukses Mencapai Finish di Posisi Kedua di Tahun Pertamanya Mengikuti MotoGP

 

Pedro Acosta yang merupakan rookie dalam kelas MotoGP atau kasta tertinggi dari balapan yang disajikan yakni diantaranya Moto3, Moto2, hingga MotoGP.

Acosta tampil sangat apik pada MotoGP musim 2024 tahun ini. Kendati tahun ini merupakan tahun pertamanya pada kelas MotoGP, namun dia berhasil podium empat kali dalam 15 race. Seperti dikutip pada website resmi MotoGP.

Pedro Acosta tampil percaya diri saat melakukan balapan di Sirkuit Mandalika Pada Minggu, (29/9). Pasalnya dia berhasil mendapatkan posisi kedua dalam starting grid hingga finish pada posisi yang sama.

Namun, Acosta nyaris kehilangan posisi podiumnya karena tekanan ban yang dilakukannya.

Dilansir dari The Race, Pembalap diharuskan mempertahankan tekanan ban yang telah ditetapkan yaitu 1.8 bar pada musim ini untuk minimal 60 persen putaran.

Acosta telah diselidiki dalam pemantauan bahwa tekanan ban yang dilakukannya menunjukkan tidak mencapai batas tersebut.

Namun, Acosta terbukti lolos pinalti seperti yang dikatakan direktur teknis MotoGP

Tidak ada pelanggaran yang terjadi, Pedro Acosta telah melakukan tekanan yang benar saat awal balapan. Hilangnya tekanan ban tersebut disebabkan ada kebocoran pada pelek roda yang dikendarai Acosta” ujar direktur teknis MotoGP Danny Aldridge seperti dikutip pada The Race.

Keputusan akhir tersebut mengutip pada pasal 2.4.4.9.1 dari peraturan MotoGP. Dimana pasal tersebut berisikan kewenangan ada pada direktur teknis MotoGP setalah berdiskusi terlebih dahulu dengan pemasok ban yaitu michelin.

Dengan demikian Acosta tidak melakukan pelanggaran apapun sehingga dia terbebas dari sanksi dan tetap dinyatakan sebagai finish diposisi kedua.

 

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #nyaris #kehilangan #podiumpedro #acostasukses #mencapai #finish #posisi #kedua #tahun #pertamanya #mengikuti #motogp

KOMENTAR