Siapa Keziah Veendorp? Gelandang Keturunan Incaran PSSI yang Kini Bela Klub 'Rival' Indonesia
Pemain keturunan Indonesia yang sempat jadi incaran PSSI, Keziah Veendorp, kini bermain untuk klub Vietnam, Ha Noi FC. [Dok. Ha Noi FC]
13:36
29 September 2024

Siapa Keziah Veendorp? Gelandang Keturunan Incaran PSSI yang Kini Bela Klub 'Rival' Indonesia

Sekitar beberapa tahun lalu muncul nama Keziah Veendorp sebagai pemain keturunan Indonesia yang menyatakan bersedia dinaturalisasi.

Namanya bahkan sempat diisukan memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 lalu. Namun, rencana itu tidak pernah terwujud.

Seiring tidak jadinya sang pemain dinaturalisasi, karir Veendorp juga mengalami penurunan signifikan. Bahkan saat ini ia bermain di Liga Vietnam bersama Hanoi FC.

Lantas, siapa sebetulnya Keziah Veendorp ini?

Baca Juga: 3 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia yang Masih Terkatung-katung Tanpa Klub

Profil Keziah Veendorp

Keziah lahir di Belanda pada 17 Februari 1996 dan usianya kini sudah 27 tahun. Ia lahir dan besar di kota bernama Sappemeer.

Dikabarkan kalau Keziah punya darah keturunan Indonesia yang berasal dari Maluku. Tapi tidak ada informasi dari sisi mana darah Indonesia itu berasal.

Karir Sepak Bola

Pada 2005 Keziah mulai menimba ilmu sepak bola di FVV Foxhol, lalu pindah ke VV Hoogezand satu tahun berselang. Di sana ia bermain dua tahun.

Baca Juga: Pemain Keturunan Surabaya Gancor di 'Liga Maarten Paes', Siap Diuji Shin Tae-yong

Ia pindah ke FC Groningen pada 2008. Di klub yang membesarkan nama Arjen Robben inilah Keziah mengenyam pendidikan dan pengalaman sepak bola selama delapan tahun.

Lantas pada tahun 2016 ia dipromosikan ke skuad senior FC Groningen setelah tampil ampik di level U-19 dan U-23. Keziah menjelma sebagai pemain penting di klub tersebut dengan statusnya sebagai pemain muda berbakat, meski hanya mengemas 1 gol dan satu assist.

Pemain keturunan Indonesia yang sempat jadi incaran PSSI, Keziah Veendorp, kini bermain untuk klub Vietnam, Ha Noi FC. [Dok. Ha Noi FC]Pemain keturunan Indonesia yang sempat jadi incaran PSSI, Keziah Veendorp, kini bermain untuk klub Vietnam, Ha Noi FC. [Dok. Ha Noi FC]

Performa ciamiknya membawa Keziah dipanggil memperkuat Timnas Belanda U-17, bahkan menjadi pilihan utama di ajang EURO U-17 yang digelar pada 2014 lalu.

Ia juga dipilih menjadi kapten Belanda U-17. Sayang ia gagal membawa Belanda juara usai dikalahkan Inggris 2-5 lewat babak adu penalti.

Usai dipanggil ke Belanda U-17 itu, Keziah Veendorp diboyong oleh FC Emmen pada Juli 2017 dengan status bebas transfer.

Pada musim pertamanya di FC Emmen, ia mampu membawa klub tersebut promosi ke Eredivisie. Sempat degradasi di musim 2021/22, tapi ia membawa FC Emmen juara Liga 2 Belanda dan promosi lagi ke Eredivisie pada 2022/23.

Sayangnya meski mampu mencatatkan penampilan 33 kali di Eredivisie di musim 2022/23, kontrak Keziah tidak diperpanjang FC Emmen dan pergi di akhir musim.

Pada Agustus 2023, ia memutuskan berkarir abroad ke Liga Super Indonesia dengan membela Bengaluru FC. Ia mencatatkan 15 laga di Liga India dan cuma bertahan satu tahun.

Agustus 2024 kemarin, Keziah Veendorp melanjutkan karirnya di Asia. Namun karirnya menukik karena memilih bermain di Liga Vietnam bersama Hanoi FC.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #siapa #keziah #veendorp #gelandang #keturunan #incaran #pssi #yang #kini #bela #klub #rival #indonesia

KOMENTAR