Siapa Hifni Hasan? Politikus yang Kritik Naturalisasi di Depan Shin Tae-yong Langsung
Hifni Hasan. (Dok. JebreeetmediaTv)
19:48
28 September 2024

Siapa Hifni Hasan? Politikus yang Kritik Naturalisasi di Depan Shin Tae-yong Langsung

Belakangan ini, sosok bernama Hifni Hasan tengah menjadi perbincangan publik karena dia melayangkan kritik kepada pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, secara langsung saat berada di depannya.

Kritik tersebut disampaikan oleh Hifni hasan ketika mewakili Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, dalam sebuah acara bertajuk Jebreetmedia Award 2024 yang berlangsung pada Kamis (26/9/2024).

Dalam kesempatan itu, Hifni Hasan menyinggung soal banyaknya pemain naturalisasi yang kini memperkuat Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

"Pertama, saya mau berbicara tentang Coach Shin Tae-yong. Jadi, saya ini orang yang paling keras untuk masalah naturalisasi," kata Hifni Hasan seperti dikutip dari kanal YouTube Jebreeet Media.

Baca Juga: 3 Alasan Jens Raven Layak Dipanggil Shin Tae-yong untuk Lawan Bahrain

"Saya coba memberitahu kepada beliau, jangan terlalu banyak pemain naturalisasi dibawa ke tubuh sepak bola Indonesia," tambahnya.

Lantas, siapakah sebetulnya sosok Hifni Hasan yang secara terang-terangan menyinggung kebijakan naturalisasi yang dilakukan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong? Berikut Suara.com menyajikan ulasannya.

Mengenal Hifni Hasan

Sebagai informasi, Hifni Hasan merupakan seorang petinggi di sejumlah federasi yang berbeda. Saat ini, dia menjabat sebagai Wakil Ketua II pada Pengurus Besar Modern Pentathlon Indonesia (PB MPI).

Selain itu, dia juga merangkap jabatan sebagai anggota Komisi Hukum di Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI). Sebelumnya, ia juga pernah menjadi Sekjen Komite Olahraga Indonesia (KOI).

Baca Juga: Skenario Timnas Indonesia U-20 untuk Lolos ke Piala Asia U-20 2025

Ketika itu, jabatan sebagai Sekretaris Jenderal itu didudukinya pada era kepemimpinan Rita Subowo. Dari segi latar belakang, dia memang punya rekam jejak yang cukup solid di bidang hukum dan olahraga.

Sebab, Hifni Hasan berstatus sebagai Sarjana Hukum dan Magister Hukum. Dia juga mendapatkan gelar Master Manajemen Olahraga dari luar negeri, tepatnya setelah lulus di Lausanne Swiss.

Di bidang politik, dia juga pernah mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Partai Demokrat pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Ketika itu, dia mendapatkan nomor urut 4 di Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta III.

Untuk saat ini, Hifni Hasan juga masih menjabat sebagai Staf Ahli Ketua Umum KONI dan terlibat dalam pembentukan Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia). Ia menjadi Wakil Sekretaris Jenderal pertama dan kemudian Sekretaris Jenderal kedua setelah Timbul Thomas Lubis.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #siapa #hifni #hasan #politikus #yang #kritik #naturalisasi #depan #shin #yong #langsung

KOMENTAR