Hitung-hitungan Timnas Indonesia Tembus 4 Besar Grup C Ronde 3 Kualifikasi Hingga Lolos Piala Dunia 2026
Pemain Timnas Indonesia Nathan Tjoe A On menggiring bola melewati Pemain Timnas Australia saat pertandingan Sepak Bola Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Antara Indonesia melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
10:30
11 September 2024

Hitung-hitungan Timnas Indonesia Tembus 4 Besar Grup C Ronde 3 Kualifikasi Hingga Lolos Piala Dunia 2026

Menghitung peluang Timnas Indonesia menembus empat besar grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia agar bisa menjaga asa tampil di Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia saat ini tengah menjalani start apik di dua pertandingan awal grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Di dua pertandingan awal grup C itu, skuad Garuda berhasil mendulang dua poin berkat hasil imbang melawan dua tim kuat Asia, yakni Arab Saudi dan Australia.

Di laga kontra Arab Saudi, Timnas Indonesia berhasil menahan imbang lawannya dengan skor 1-1. Kemudian saat melawan Australia, Jay Idzes dkk mampu bermain imbang 0-0.

Baca Juga: Keputusan Shin Tae-yong Disorot, Rafael Struick Ternyata Bermain dalam Kondisi Cedera

Dengan raihan dua poin dari dua pertandingan ini, Timnas Indonesia untuk sementara berada di peringkat keempat grup C di belakang Jepang, Arab Saudi, dan Bahrain.

Bisa dikatakan sejauh ini pencapaian Timnas Indonesia itu sesuai dengan target Shin Tae-yong yang mematok anak asuhnya bisa finis di peringkat ketiga atau keempat grup C.

Suporter menampilkan koreografi saat pertandingan Sepak Bola Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Antara Indonesia melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Suporter menampilkan koreografi saat pertandingan Sepak Bola Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Antara Indonesia melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Dengan delapan pertandingan tersisa di grup C, bagaimana peluang Timnas Indonesia untuk tetap berada di empat besar dan bisa menjaga asa tampil di Piala Dunia 2026?

Butuh Berapa Poin?

Sekadar informasi, di putaran ketiga ini hanya peringkat pertama dan kedua dari masing-masing grup yang akan lolos otomatis ke Piala Dunia 2026.

Baca Juga: 3 Pemain Tampil Mengesankan Lawan Australia, Rizky Ridho Bak Pemain Abroad

Sedangkan peringkat ketiga maupun keempat akan melaju ke putaran keempat yang akan dibagi dalam dua grup dan berisikan masing-masing tiga negara.

Karenanya, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia berusaha realistis dan hanya mematok finis posisi tiga atau empat besar guna menjaga asal lolos Piala Dunia 2026.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi dari pinggir lapangan saat pertandingan Sepak Bola Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Antara Indonesia melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi dari pinggir lapangan saat pertandingan Sepak Bola Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Antara Indonesia melawan Australia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Apalagi Timnas Indonesia berada di grup C yang tergolong grup neraka karena memiliki tiga negara langganan Piala Dunia, yakni Jepang, Australia, dan Arab Saudi.

Untuk finis di empat besar grup C, secara matematis Timnas Indonesia membutuhkan minimal 12 poin, atau hanya butuh 10 poin lagi dari delapan pertandingan tersisa.

Untuk mendapatkan 10 poin dari delapan pertandingan tersisa, Timnas Indonesia diyakini tak akan kesulitan jika berkaca dari dua pertandingan awal di grup C kontra Arab Saudi dan Australia.

Guna meraih 10 poin itu, Timnas Indonesia bisa memaksimalkan empat pertandingan kandang tersisa di grup C, yakni melawan Jepang, Arab Saudi, China, dan Bahrain.

Timnas Indonesia bisa memaksimalkan laga kandang melawan China dan Bahrain untuk mendapat poin penuh, atau berjumlah enam poin.

Lalu di laga kandang melawan Jepang dan Arab Saudi, Timnas Indonesia cukup mendapatkan satu poin saja, yang membuat jumlah perolehan poinnya di laga kandang tersisa menjadi tujuh poin.

Lantas bagaimana dengan tiga poin tersisa? Timnas Indonesia mau tak mau harus bisa meraih satu kemenangan di bulan Oktober 2024 nanti saat bertandang ke markas Bahrain dan China.

Andai skenario itu terjadi, maka Timnas Indonesia sudah bisa mengumpulkan 10 poin dari delapan pertandingan tersisa dan mengunci satu tempat di empat besar grup C.

Punya Peluang Besar

Untuk mendapat 10 poin dari delapan pertandingan tersisa, peluang Timnas Indonesia bisa dikatakan cukup terbuka. Apalagi dengan fakta bahwa kontestan grup C lainnya selain Jepang tengah inkonsisten.

Di grup C saat ini, Jepang menjadi tim yang paling sempurna dengan meraih enam poin dari dua pertandingan dan tak pernah kebobolan.

Sedangkan empat negara lainnya yakni Arab Saudi, Australia, Bahrain, dan China tergolong inkonsisten yang dapat dilihat dari hasil-hasilnya di dua laga awal grup C.

Sebagai contoh, Arab Saudi mampu ditahan imbang Timnas Indonesia dan hanya menang tipis 2-1 dari China. Pun dengan Australia yang bisa ditahan skuad Garuda dan bahkan kalah 0-1 dari Bahrain.

Lalu Bahrain yang bisa membuat kejutan melawan Australia, justru dibuat tak berdaya oleh Jepang di laga kedua grup C dengan kekalahan telak 0-5.

Di sisi lain, China juga belum menunjukkan taringnya usai menelan dua kekalahan di dua laga awal grup C, yakni 0-7 dari Jepang dan 1-2 dari Arab Saudi.

Melihat inkonsistensi lawan-lawannya di grup C itu, Timnas Indonesia punya peluang besar mendulang 10 poin, terutama dari China, Bahrain, Arab Saudi, atau bahkan Australia.

Dengan kata lain, Timnas Indonesia minimal harus bisa menang tiga kali dan meraih hasil imbang satu kali dari empat lawannya itu di delapan pertandingan tersisa grup C untuk finis di empat besar.

(Felix Indra Jaya)

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #hitung #hitungan #timnas #indonesia #tembus #besar #grup #ronde #kualifikasi #hingga #lolos #piala #dunia #2026

KOMENTAR