Sombongnya Luntur, Media Vietnam Kini Ketakutan Timnas Indonesia Salip Ranking FIFA Negaranya
Pemain Timnas Indonesia Rafael Struick saat berebut bola dengan pemain Vietnam pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
13:12
9 September 2024

Sombongnya Luntur, Media Vietnam Kini Ketakutan Timnas Indonesia Salip Ranking FIFA Negaranya

Media Vietnam mulai ketakutan Timnas Indonesia akan segera menyalip ranking FIFA tim nasional mereka. Hal itu merujuk performa solid yang ditunjukkan Garuda selama Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dalam FIFA Matchday terbaru, Timnas Indonesia mampu menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1 di markasnya, Stadion King Abdullah Sport City, Jumat (6/9/2024).

Hasil imbang dalam matchday pertama Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia itu jadi kejutan lantaran Timnas Indonesia sama sekali tidak diunggulkan untuk mencuri poin.

Di sisi lain, Vietnam yang cuma memainkan laga persahabatan, harus mendapat hasil buruk. Mereka dibantai Rusia 0-3 dalam turnamen eksibisi yang dibuat sendiri.

Baca Juga: Mees Hilgers Punya Julukan Hito, Artinya Ada Sangkut Pautnya dengan Manado

Media Vietnam, Sohanews, melaporkan bahwa Vietnam terancam turun peringkat setelah kekalahan tersebut, sementara Timnas Indonesia punya momentum untuk terus mendongrak posisinya dalam ranking FIFA.

Timnas Indonesia Berpeluang Salip Ranking Vietnam

Lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia memberi Timnas Indonesia peluang besar untuk meraup banyak poin selama FIFA Matchday hingga pertengahan tahun depan.

Berbeda dengan Vietnam yang telah tersingkir, Timnas Indonesia berpeluang terus mengisi FIFA Matchday dengan turnamen resmi alih-alih cuma persahabatan.

Terkini, Timnas Indonesia akan menjamu Australia dalam matchday kedua Grup C. Pertandingan akan berlangsung pada Selasa (10/9/2024).

Baca Juga: Thom Haye Cs Terus Diikuti Puluhan Orang Jelang Lawan Australia, Ada Apa?

Di sisi lain, Vietnam bakal berjumpa Thailand dalam laga kedua turnamen eksibisi buatan mereka sendiri.

Timnas Vietnam saat hadapi Indonesia di Piala Asia 2023 (the-afc.com)Timnas Vietnam saat hadapi Indonesia di Piala Asia 2023 (the-afc.com)

"Timnas Indonesia berpeluang naik peringkat FIFA jika mampu meraih poin saat melawan Australia di kandang sendiri pada laga kedua babak kualifikasi ketiga Piala Dunia 2026," tulis Soha dikutip Suara.com pada Senin (9/9/2024).

"Menurut perhitungan, jika menang melawan Australia, timnas Indonesia akan memperoleh 21,07 poin. Dengan begitu, timnas Indonesia berpeluang naik 5 peringkat dari peringkat 131 ke peringkat 126 dunia."

"Sedangkan untuk timnas Vietnam, seluruh tim akan menjalani satu laga lagi melawan Thailand pada 10 September. Tim asuhan pelatih Kim Sang-sik itu akan memperoleh 5,48 poin jika menang melawan Thailand; jika kalah, akan dikurangi 4,52 poin, dan jika seri, akan dikurangi 0,48 poin."

Berbeda dengan Timnas Indonesia, Vietnam tak punya agenda lagi selepas menghadapi Thailand. Event terdekatnya cuma Piala AFF 2024 yang tidak memengaruhi peringkat FIFA.

"Sementara itu, tim Indonesia berpeluang untuk mendekati atau bahkan melampaui peringkat tim Vietnam di peringkat FIFA jika terus meraih hasil positif di babak kualifikasi ketiga Piala Dunia 2026," tulis Soha.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #sombongnya #luntur #media #vietnam #kini #ketakutan #timnas #indonesia #salip #ranking #fifa #negaranya

KOMENTAR