3 Calon Lawan Timnas Indonesia jika Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023
Pemain Timnas Indonesia berselebrasi setelah menjebol gawang Vietnam (pssi.org)
21:06
21 Januari 2024

3 Calon Lawan Timnas Indonesia jika Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

Peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 masih terbuka lebar usai mengalahkan Vietnam di matchday kedua Grup D.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) malam WIB, Timnas Indonesia menang 1-0 lewat gol penalti Asnawi Mangkualam.

Raihan tiga poin itu membuat Timnas Indonesia punya peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Asia. Garuda menduduki peringkat ketiga klasemen Grup dengan raihan tiga poin seperti Jepang.

Indonesia bisa lolos dengan skenario maksimal menjadi runner-up Grup D dan minimal sebagai runner-up terbaik. Kepastian bakal didapatkan saat menghadapi Jepang pada Rabu (24/1).

Jika menang, Timnas Indonesia berpeluang menjadi runner-up grup dan lolos otomatis ke 16 besar. Jika kalah dengan margin kurang dari dua gol atau seri melawan Jepang, Indonesia bisa finis di peringkat ketiga dan berpeluang menjadi salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik.

Lantas, siapa saja tim yang berpotensi menjadi lawan Timnas Indonesia jika lolos ke 16 besar Piala Asia 2023?

1. Qatar

Tuan rumah Qatar sudah dipastikan lolos ke 16 besar Piala Asia usai meraih dua kemenangan di Grup A. Mereka akan melawan di antara peringkat ketiga dari Grup C, D atau E.

Jika lolos lewat skenario peringkat tiga terbaik, maka Timnas Indonesia berpotensi melawan tuan rumah Qatar. Ini tak akan menjadi laga yang mudah karena Qatar bermain di depan pubik sendiri.

Terlebih Qatar merupakan juara bertahan usai menjadi kampiun Piala Asia 2019.

2. Australia

Australia berpotensi besar mengunci juara Grup B kendati posisi mereka masih bisa digeser Uzbekistan. Negeri Kangguru mengoleksi 6 poin dan unggul 2 angka dari Uzbekistan.

Jika lolos ke 16 besar sebagai juara Grup B, Australia berpotensi besar bertemu dengan Timnas Indonesia dengan asumsi lolos sebagai peringkat tiga terbaik.

3. Korea Selatan

Persaingan di Grup E sangat ketat, Korea Selatan masih menduduki peringkat kedua. Dengan koleksi sama 4 poin, Taeguk Warriors kalah produktivitas gol dari Yordania.

Korea Selatan “hanya” harus menghadapi Malaysia—yang sudah dipastikan tersingkir— di laga terakhir Grup D. Sehingga tiga poin penuh diprediksi akan diraih Son Heung-min dan kolega.

Sementara Yordania dihadang Bahrain yang akan mati-matian meraih kemenangan atau hasil imbang demi menghidupkan asa lolos ke 16 besar.

Jika Korea Selatan yang menjadi juara Grup D, maka Timnas Indonesia—dengan asumsi lolos lewat peringkat ketiga terbaik—maka akan saling berhadapan.

Ini menjadi laga nostalgia buat Shin Tae-yong yang pernah menukangi Korea Selatan.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arif Budi

Tag:  #calon #lawan #timnas #indonesia #jika #lolos #besar #piala #asia #2023

KOMENTAR