Jumpa Jepang di Laga Terakhir, Media Vietnam Ragu Timnas Indonesia Bisa Lolos 16 Besar Piala Asia 2023
Para pemain Timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pertandingan Piala Asia 2023 kontra Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, 19 Januari 2024. [KARIM JAAFAR / AFP]
19:42
21 Januari 2024

Jumpa Jepang di Laga Terakhir, Media Vietnam Ragu Timnas Indonesia Bisa Lolos 16 Besar Piala Asia 2023

Media Vietnam, Bongda Plus ragu Timnas Indonesia bisa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 meski dalam situasi yang cukup bagus saat ini. Skuad Garuda masih ditunggu laga berat di matchday terakhir fase grup.

Setelah tumbang 1-3 lawan Irak pada matchday pertama Grup D Piala Asia 2023, kans Timnas Indonesia untuk lolos ke fase gugur terbuka lebar menyusul kemenangan 1-0 atas Vietnam pada laga matchday 2 di Doha, Qatar, Jumat (21/1/2024) lalu.

Skuad Garuda kini mengoleksi 3 poin di klasemen Grup D, kalah selisih gol dari tim peringkat kedua, Jepang dan berjarak tiga poin dari Irak yang sudah memastikan tiket lolos.

Timnas Indonesia dalam situasi bagus dalam persaingan di klasemen sementara peringkat ketiga terbaik di fase grup, di mana empat tim nanti akan lolos ke fase gugur Piala Asia 2023 lewat jalur ini.

Akan tetapi, harapan Timnas Indonesia untuk bisa lolos ke 16 besar sebagai peringkat tiga terbaik atau bahkan runner-up Grup D masih jadi tanda tanya besar karena di matchday terakhir fase grup, skuad Garuda akan jumpa tim raksasa, Jepang pada 24 Januari 2024. 

Kans Timnas Indonesia ini dibahas oleh media Vietnam, Bongda Plus. Terbaru, Bongda Plus menulis sebuah judul "Kapan Indonesia tersingkir meski menang melawan Vietnam?" dengan lead "Kemenangan atas Vietnam bukan berarti Indonesia berhak melaju ke putaran final Piala Asia 2023."

"Meski mungkin, sulit membayangkan Indonesia bisa menang melawan Jepang. Jika seri, kedua tim; Indonesia dan Jepang sama-sama punya 4 poin dan rekor head-to-head yang sama," tulis Bongda Plus.

"Pada saat itu, Indonesia dan Jepang harus membandingkan selisih gol. Jepang +1 sedangkan Indonesia -1, karena itu Indonesia akan menempati posisi ketiga. Namun dengan total poin 4, kemungkinan Indonesia masuk empat besar tim peringkat tiga cukup besar.

"Di atas kertas, Jepang adalah tim kelas dunia dan mereka bisa mengalahkan Indonesia. Jepang akan membuat Indonesia hanya mengumpulkan 3 poin dengan selisih gol -2 atau kurang. Jumlah tersebut tidak menjamin mereka bisa melanjutkan. Andai ada empat tim peringkat ketiga yang catatannya lebih baik dari angka tersebut, Indonesia akan tersingkir."

"Situasi Indonesia kini masih sangat abu-abu meski mereka berhasil mengalahkan Vietnam."

Dengan satu matchday tersisa di Grup D Piala Asia 2023, Timnas Indonesia sendiri sudah dipastikan minimal finis di peringkat tiga grup.

Timnas Vietnam dipastikan angkat koper dari turnamen di Qatar sebagai juru kunci Grup D usai nirpoin dari dua pertandingan.

Meski Vietnam di laga terakhir bisa mengalahkan Irak nanti, sementara Indonesia kalah dari Jepang, Vietnam tetap kalah head-to-head dari skuad Garuda meski poinnya sama yakni 3.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #jumpa #jepang #laga #terakhir #media #vietnam #ragu #timnas #indonesia #bisa #lolos #besar #piala #asia #2023

KOMENTAR