Deretan Catatan Miris Arema FC di 2 Laga BRI Liga 1: Efek Kutukan Pramusim?
Pesepak bola Arema FC Charles Lokolingoy meluapkan kekecewaannya setelah gagal mencetak gol ke gawang Borneo FC pada laga Liga 1 di Stadion Soepriadi, Kota Blitar, Jawa Timur, Sabtu (17/8/2024). (ANTARA/HO-Arema FC)
21:42
20 Agustus 2024

Deretan Catatan Miris Arema FC di 2 Laga BRI Liga 1: Efek Kutukan Pramusim?

Arema FC memulai BRI Liga 1 2024/2025 dengan tersendat, tanpa kemenangan dalam dua laga awal, dan kini berada di peringkat ke-14 dengan hanya satu poin.

Prestasi ini sangat kontras dengan penampilan gemilang mereka di pramusim, di mana mereka menjadi juara Piala Presiden 2024 setelah mengalahkan Borneo FC lewat adu penalti.

Beberapa asumsi muncul mengenai penurunan performa Arema FC, termasuk dugaan adanya "kutukan pramusim."

Selain itu, ada juga analisis teknis yang menjelaskan kegagalan mereka melanjutkan performa apik ke kompetisi resmi.

Baca Juga: 3 Klub Paling Sempurna Sampai Pekan Kedua BRI Liga 1 2024/2025

Mampu Menciptakan Banyak Peluang

Tim pelatih Arema FC tak perlu terlalu khawatir. Meski belum mencetak kemenangan, tim ini sudah berada di jalur yang benar dalam menciptakan peluang.

Cuplikan pertandingan Arema FC melawan Borneo FC di BRI Loga 1. (Instagram/@aremafcofficial)Cuplikan pertandingan Arema FC melawan Borneo FC di BRI Loga 1. (Instagram/@aremafcofficial)

Di Piala Presiden 2024, mereka menciptakan rata-rata 6,8 peluang per laga, sementara di BRI Liga 1 2024/2025, rata-rata meningkat menjadi sepuluh peluang per laga.

Meskipun data mengenai kualitas peluang seperti expected goals (xG) atau expected assist (xA) belum tersedia, dengan peningkatan akurasi finishing, peluang tersebut dapat lebih efektif menjadi gol.

Belum Cetak Gol

Baca Juga: BRI Liga 1: Hadapi Barito Putera, Persebaya Optimis Mampu Raih Kemenangan

Di BRI Liga 1 2024/2025, Arema FC masih belum meraih kemenangan maupun mencetak gol.

Arema FC tampil dominan sejak awal Piala Presiden 2024 dan akhirnya meraih trofi juara, membuktikan taring Tim Singo Edan masih tajam.[Instagram Arema FC]Arema FC tampil dominan sejak awal Piala Presiden 2024 dan akhirnya meraih trofi juara, membuktikan taring Tim Singo Edan masih tajam.[Instagram Arema FC]

Dalam dua laga, mereka bermain imbang 0-0 dengan Dewa United dan kalah 0-2 dari Borneo FC.

Padahal, di Piala Presiden 2024, Arema FC tampil tajam dengan mencetak 11 gol dalam lima laga, atau rata-rata 2,2 gol per laga.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #deretan #catatan #miris #arema #laga #liga #efek #kutukan #pramusim

KOMENTAR