Jangan Salah Pilih, Pemula Wajib Kenali 4 Ciri-Ciri Penting Pemimpin yang Berkualitas Jelang Pemilu 2024
Ilustrasi seorang pemimpin yang sedang memberikan pidato. (Pinterest/Vecteezy LINK)
12:00
16 Januari 2024

Jangan Salah Pilih, Pemula Wajib Kenali 4 Ciri-Ciri Penting Pemimpin yang Berkualitas Jelang Pemilu 2024

 

 

  Menuju pemilihan presiden dan wakil presiden 2024, rakyat Indonesia harus harus selektif dalam menentukan pilihan.   Sebab sekecil apapun suara yang dihasilkan, akan menentukan nasib negeri ini ke depannya. Masyarakat memiliki peran penting dalam kemajuan negaranya.   Salah satu bahan pertimbangan untuk memilih calon presiden adalah mengenal seperti apa karakter dari masing-masing kandidat.   Oleh karenanya, penting untuk mengetahui apa saja karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.   Lantas, adakah ciri-ciri pemimpin yang berkualitas di dalam diri para calon pemimpin bangsa?   Dilansir dari Forbes, terdapat empat kualitas penting yang ada di dalam diri pemimpin yang baik. Simak selengkapnya berikut ini:  

  1. Visi yang jelas   Memiliki visi yang jelas merupakan salah satu pertanda pemimpin yang baik. Untuk mewujudka cita-citanya tersebut, seorang pemimpin yang luar biasa memiliki strategi yang jelas.   Di samping itu, cara berbicara juga menjadi kriteria pemimpin yang baik. Mereka yang berjiwa kepemimpinan mampu mengkomunikasikan rencana dengan ringkas dan percaya diri.   Seorang pemimpin yang baik juga bisa dinilai dari kealihannya dalam menurunkan sebuah ego, misalnya tidak takut meminta bantuan terkait visinya dan bersedia mengambil inspirasi dari berbagai sumber, termasuk tim di sekitarnya.   Melalui progam debat calon presiden dan wakil presiden yang diadakan oleh KPU bisa membantu masyrakat untuk menilai karakter masing-masing calon.   Oleh karenanya rakyat harus terus menyimak progam ini supaya tidak salah dalam menentuka pilihan.  

  2. Kemampuan Memberdayakan Tim    Kemampuan memberdayakan tim yang dimaksud adalah kecakapan dalam mengumpulkan tim untuk mendukung visi dan tujuan mereka.   Pemimpin yang seperti ini biasanya adalah orang yang memiliki karisma karena kemampuannya bisa membuat orang bergerak menuju timnya dan menjalankan visi bersama.   Di sisi lain, seorang pemimpin yang baik juga berani untuk mendelegasikan orang lain karena memiliki pemahaman bahwa kekuatan akan menjadi lebih besar bila ada tim yang membersamai.     Pada intinya seorang pemimpin yang berkualitas memiliki kepercayaan pada sesuatu yang dikerjakan bersama-sama akan menghasilkan hal yang luar biasa.    3. Aktif Mendengarkan   Seorang pemimpin yang baik selalu meluangkan waktu untuk mendengarkan  secara aktif. Mereka lebih aktif untuk mendengar daripada merespon.    Kriteria pemimpin yang tepat adalah mereka yang lebih banyak mendengarkan dan menganalisis darip ada berbicara.    Di sisi lain, pemimpin yang baik juga mengetahui waktu-waktu yang tepat, seperti kapan harus diam dan kapan harus berbicara untuk mempertahankan pendapatnya.    Contoh pemimpin yang aktif bertindak sebagai seorang pendengar adalah lebih banyak mengajukan pertanyaaan dari pada pernyataan. 

  4. Kerendahan Hati   Rendah hati merupakan sebuah sikap yang sederhana dan menjauhi diri dari kesombongan atau keangkuhan.   Kerendahan hati di sini artinya bersedia menyadari kelemahan-kelemahan mereka. Karena sebagaimana manusia pada umumnya juga tidak ada yang sempurna.   Pemimpin yang memiliki kerendahan hati menyadari bahwa ada beberapa hal yang tidak bisa mereka kerjakan sendiri dan membutuhkan orang lain yang lebih ahli dalam bidang tersebut.   Oleh karenanya pemimpin yang baik tidak ragu meminta bantuan terhadap orang lain agar visi-visinya tercapai.   ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jangan #salah #pilih #pemula #wajib #kenali #ciri #ciri #penting #pemimpin #yang #berkualitasjelang #pemilu #2024

KOMENTAR