Ribka Tjiptaning Ngaku Cuma Ketawa Saat Jokowi Pidato Kenegaraan: Dia yang Ciptakan Gelombang
Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning. [Suara.com/Bagaskara]
17:12
16 Agustus 2024

Ribka Tjiptaning Ngaku Cuma Ketawa Saat Jokowi Pidato Kenegaraan: Dia yang Ciptakan Gelombang

Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning mengaku tergelitik dengan pidato kenegaraan Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI, Jumat (16/8/202).

Ia menyoroti soal Jokowi berhasil mengatasi sejumlah gelombang masalah yang terjadi selama memimpin

"Kalau aku, cuma ketawa ketika Pak Jokowi ngomong," kata Ribka di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Ia mengatakan, justru Jokowi selama kepemimpinannya selama ini telah menciptakan gelombang hingga kondisi bangsa carut marut.

Baca Juga: Jokowi Minta Maaf di Sidang Tahunan MPR, Komentar Nyelekit Ribka PDIP: Dia Mah Biasa Muka Melas

"Kita mengatasi gelombang-gelombang, gitu kan, kita bisa mengatasi. Aku bilang, itu sih bukan mengatasi gelombang, kalau Pak Jokowi, menciptakan gelombang kalau beliau itu," ungkapnya.

"Sehingga menjadi carut marut seperti ini, kan Pak Jokowi yang menciptakan gelombang, bukan kita bisa mengatasi gelombang, dia yang menciptakan gelombang," sambungnya.

Kendati begitu, Ribka mengaku tak mau mengingatkan Jokowi. Menurutnya, Jokowi sudah paham untuk mengavaluasi diri.

"Nggak usah, nggak usah diingatkan. Beliau kan udah cukup tua, cukup dewasa, cukup mengerti, apalagi kalau sebagai kader partai tahu lah kiat-kiatnya apa yang harus tidak bisa dilarang, dilanggar, ngapain diingatin, kayak saya nih kader partai, aku tahu diri, aku nggak boleh begini, aku nggak boleh begitu. Ya kan? Tahu. Ngapain diingatin," katanya.

Pertumbuhan Ekonomi

Baca Juga: Respons Puan Usai Jokowi Berkali-kali Minta Maaf di Pidato Terakhirnya di Sidang Tahunan

Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi RI selama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selalu berada di 5 Persen. Padahal, janjinya pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 7 persen.

Terakhir, pada kuartal II 2024 pertumbuhan ekonomi hanya sebesar 5,05 persen. Level itu justru lebih rendah dibandingkan kuartal I 2024 yang sebesar 5,11 persen.

Namun, meski bertahan di 5 persen, Jokowi menganggap ini Indonesia merupakan satu dari sedikit negara yang mampu pulih cepat.

"Pertumbuhan ekonomi kita terjaga di atas 5%, walau banyak negara tidak tumbuh, bahkan melambat," ujarnya, dalam Sidang Tahunan MPR-DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Kepala Negara ini mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi yang signifikan berada di Indonesia Timur, di mana, Papua dan Maluku justru mampu tumbuh di atas 6 persen dan Maluku Utara mampu tumbuh di atas 20 persen.

"Inflasi juga terkendali di kisaran 2-3 persen saat banyak negara mengalami kenaikan yang luar biasa, bahkan ada yang mencapai lebih dari 200 persen," jelas dia.

Jokowi melanjutkan, angka kemiskinan ekstrem alami penurunan turunkan dari sebelumnya 6,1 persen menjadi 0,8 persen di tahun 2024.

Kemudian, angka stunting juga berkurang dari sebelumnya 37,2 persen menjadi 21,5 persen di tahun 2023.

"Tingkat pengangguran juga mampu kita tekan dari sebelumnya 5,7 persen menjadi 4,8 persen di tahun 2024," ujarnya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #ribka #tjiptaning #ngaku #cuma #ketawa #saat #jokowi #pidato #kenegaraan #yang #ciptakan #gelombang

KOMENTAR