Komisi II DPR Minta KPU Segera Verifikasi Dugaan Penggunaan KTP Warga Jakarta oleh Dharma Pongrekun
Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa saat ditemui awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). 
16:06
16 Agustus 2024

Komisi II DPR Minta KPU Segera Verifikasi Dugaan Penggunaan KTP Warga Jakarta oleh Dharma Pongrekun

- Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa meminta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera melakukan verifikasi soal adanya dugaan penggunaan data warga Jakarta oleh Dharma Pongrekun-Kun Wardana untuk keperluan pencalonan di Pilkada 2024.

Saan menegaskan, sejatinya KPU harus bergerak cepat melakukan validasi tersebut.

"Tentu itu kan nanti kewenangan KPU ya untuk melakukan verifikasi dan juga melakukan validasi terkait dengan soal keabsahan dari dukungan yang diberikan yang ada di DKI. Jadi kita minta KPU untuk profesional melakukan verifikasi sedetail mungkin," kata Saan saat ditemui awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Kata Saan, verifikasi tersebut penting, agar KPU bisa segera menjadi pencerah atas kondisi yang ada.

Tak hanya itu, Saan juga berharap agar kabar yang saat ini ramai menjadi pembicaraan di kalangan warga Jakarta itu tidak menjadi polemik yang berkepanjangan.

"Ya kita minta KPU untuk secepatnya karena tanggal 27 sudah mulai pendaftaran ya, jadi supaya tidak menimbulkan polemik, spekulasi dan sebagainya, KPU bisa untuk bisa menyelesaikan secepatnya terkait dengan soal calon independen," kata dia.

Diketahui, Kabar dugaan pencatutan nomor induk kependudukan (NIK) terjadi dan dialami sejumlah warga Jakarta untuk mendukung pencalonan pasangan cagub dan cawagub jalur independen, Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Dugaan ini muncul setelah KPU DKI Jakarta menggelar rapat pleno rekapitulasi dukungan bakal pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto, untuk bertarung di Pilkada Jakarta 2024.

Berdasarkan rapat tersebut, pasangan jalur independen ini dinyatakan lolos persyaratan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta sekaligus mantan calon presiden 2024, Anies Baswedan, melalui akun X-nya, mengakui NIK-nya aman dari dugaan pencatutan untuk cagub-cawagub independen, Dharma Pongrekun-Kun Wardana.

Namun demikian, beberapa anak dan kerabatnya terdaftar.

Hal itu diketahui setelah dilakukan pengecekan identitas diri di situs info pemilu.

"Alhamdulillah, KTP saya aman. Tapi, KTP dua anak, adik, juga sebagian tim yang bekerja bersama ikut dicatut masuk daftar pendukung calon independen," tulis Anies dalam unggahannya di akun X-nya, Jumat (16/8/2024).

Tak hanya Anies, beberapa warga juga mengaku menjadi korbaan dugaan pencatutan nama itu.

Satu di antaranya, akun X @ayamdreampop, "Warga Jakarta cek KTP lo pada sekarang! Gue gak tau ini siapa dan gue gak pernah merasa daftarin dukungan gua ke orang ini, tiba-tiba NIK gua dicatut sebagai pendukung dua orang ini buat maju cagub DKI?????".

Warga lain juga mengaku identitasnya tercatat mendukung pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana, meski ia merasa tak pernah memberikan dukungan tersebut.

"Waduh iya lagi, NIK gue juga kena catut nih. Gimana ini pertanggung jawabannya woy @dukcapiljakarta @KPU_ID @kpu_dki," tulis akun X @ardibhironx, Jumat ini.

Editor: Adi Suhendi

Tag:  #komisi #minta #segera #verifikasi #dugaan #penggunaan #warga #jakarta #oleh #dharma #pongrekun

KOMENTAR