Ribuan Personel Polri Jaga Ketat HUT RI ke-79 di IKN, Ada Pengamanan VIP dan VVIP!
Anggota Paskibraka 2024 asal Sumatera Utara Violetha Agryka Sianturi mencium Bendera Merah-Putih dalam pengukuhan Paskibraka Tingkat Pusat 2024 di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024). [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan].
07:40
15 Agustus 2024

Ribuan Personel Polri Jaga Ketat HUT RI ke-79 di IKN, Ada Pengamanan VIP dan VVIP!

Sebayak ribuan personel kepolisian akan dikerahkan untuk menjaga ketat pelaksanaan upacara HUT RI ke-79, di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (17/8/2024) mendatang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, persiapan yang dilakukan di antaranya mengatur penempatan personel hingga kendaraan yang mengawal tamu upacara.

Truno mengaku, dalam pengamanan ini, pihaknya bersinergi dengan pihak TNI, Kodam 6 Mulawarman.

"Kesiapan personel maupun kesiapan materil Polda Kaltim yang tergabung di dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan VIP dan VVIP," kata Trunoyudo di Jakarta, Selasa (13/8/2024).

Baca Juga: Jokowi Jajal Kereta Otonom Di IKN, Pastikan Bisa Angkut Tamu HUT Kemerdekaan

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko. [Suara.com/M Yasir]Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko. [Suara.com/M Yasir]

Truno menyampaikan, dalam dalam pengamanan VIP dan VVIP, Polda Kaltim dan jajaran mengerahkan 1.013 personel, yang terbagi menjadi 7 satgas.

"Pelaksanaan kegiatan pengamanan VVIP adalah ranah daripada Kodam 6 Mulawarman dan Pangdam selaku Komandan Satgas pengamanan wilayah. Kemudian Bapak Kapolda Kaltim sebagai Wakil Komandan Satgas," katanya.

Truno menambahkan, pengamanan bukan hanya dilakukan kepada tamu, namun juga upaya pencegahan dan mitigasi bencana alam.

Ilustrasi polisi siaga jelang nataru. [Ist]Ilustrasi polisi siaga jelang nataru. [Ist]

Sementara, lanjut Truno, untuk rute perjalanan menuju IKN, pihaknya bakal menempatkan personel di simpangan jalan dan mendirikan pos dianggap berpotensi terjadi kerawanan atau kemacetan.

"Personel dalam rangka melakukan kegiatan rekayasa lalu lintas sehingga diharapkan tamu undangan atau tamu VIP, tamu undangan yang lain tidak ada kendala menuju tempat kegiatan upacara yaitu di Ibu Kota Nusantara," ujarnya.

Baca Juga: Ratusan Kepala Daerah Dapat Arahan Langsung dari Presiden di IKN

Dalam mengurai kemacetan, kata Truno, pihaknya bakal mengerahkan sebanyak 898 personel untuk pengamanan, pengawalan rute lalu lintas dan parkir (pamwalrolakir).

Selain itu, ada 87 kendaraan roda empat dan 31 kendaraan roda dua yang juga sudah disiapkan dalam pengamanan dan pengawalan.

"Seluruh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, telah melalui pengecekan menyeluruh untuk memastikan semuanya dalam kondisi prima dan siap digunakan," pungkasnya.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #ribuan #personel #polri #jaga #ketat #pengamanan #vvip

KOMENTAR