Silsilah Keluarga Agus Gumiwang, DNA Partai Beringin Mengalir Kuat di Tubuh Calon Pengganti Airlangga Jadi Ketum Golkar
Airlangga Hartarto, Jokowi dan Agus Gumiwang Kartasasmita (instagram/agusgumiwangk)
20:04
12 Agustus 2024

Silsilah Keluarga Agus Gumiwang, DNA Partai Beringin Mengalir Kuat di Tubuh Calon Pengganti Airlangga Jadi Ketum Golkar

Nama Agus Gumiwang Kartasasmita sedang ramai dibicarakan lantaran disebut-sebut sebagai calon terkuat pengganti Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar. Salah satu faktor pendorongnya adalah karena silsilah keluarga Agus Gumiwang yang sangat dekat dengan partai beringin ini.

Bahkan jika melihat silsilah keluarga Agus Gumiwang, bisa dikatakan 'DNA' partai yang identik warna kuning ini mengakar kuat dalam dirinya. Mengapa demikian? Simak penjelasan berikut.

Orang Tua dan Saudara

Ginandjar Kartasasmita, Jusuf Kalla, Airlangga Hartarto, Jokowi, Luhut Binsar Pandjaitan (instagram/ginandjarkartasasmita)Ginandjar Kartasasmita, Jusuf Kalla, Airlangga Hartarto, Jokowi, Luhut Binsar Pandjaitan (instagram/ginandjarkartasasmita)

Agus Gumiwang Kartasasmita merupakan salah satu anak dari Prof. Dr. Ir. H. Ginandjar Kartasasmita, M.Eng. dan Yultin Harlotina. Ayah Agus Gumiwang merupakan politisi senior Golkar.

Baca Juga: Beredar Info Airlangga Hartarto Akan Diperiksa Di Kasus CPO, Begini Kata Kejagung

Selain itu, Ginandjar Kartasasmita termasuk dalam salah satu menteri di kabinet Presiden Soeharto. Namun di akhir masa jabatan Soeharto, Ginandjar sempat menolak duduk di kabinet kembali.

Ia juga berperan mendorong Soeharto untuk mengundurkan dri sebagai Presiden ketika Mei 1998. Ginandjar Kartasasmita juga menjadi Ketua DPD RI pertama pada tahun 2004.

Kemudian dalam masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ginandjar masuk dalam Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (2010-2014)

Selain Agus Gumiwang, memiliki 3 anak lain. Mereka adalah Galih Dimuntur Kartasasmita, Gaya Ratna Mustika Arum Kartasasmita dan Gita Kartasasmita.

Galih Dimuntur Kartasasmita juga merupakan kader Partai Golkar. Ia turut maju dalam Pileg 2024 kemarin dari Dapil Jabar XI.

Baca Juga: Jusuf Hamka Bawa Langsung Surat Pengunduran Diri Tulisan Tangan ke Kantor DPP Golkar

Gaya Ratna Mustika Arum Kartasasmita juga merupakan kader Partai Golkar. Adik Agus Gumiwang sempat menjadi Kesatuan Perempuan Partai Golkar (2019-2023). Ia juga mencalonkan diri sebagai caleg DPRD DKI Jakarta 2024.

Keluarga Agus Gumiwang

Agus Gumiwang Kartasasmita menikah dengan Loemongga Haoemasan pada April 1998. Selama 26 tahun pernikahan mereka telah dikaruniai tiga anak.

Anak Agus Gumiwang bernama Ghaniya Kartasasmita, Gasia Kartasasmita, dan Ghibran Kartasasmita. Si Sulung, Ghaniya menempuh pendidikan di New York University.

Sementara itu Gasia Kartasasmita juga melanjutkan kuliah di luar negeri. Tepatnya di University of Virginia, Amerika Serikat. Putra ketiga Agus Gumiwang, Ghibran Kartasasmita merupakan siswa di Jakarta Intercultural School.

Meskipun sang istri bukan berasal dari dunia politik, namun Loemongga Haoemasan tetap aktif mendampingi Agus Gumiwang dalam setiap acara partai.

Istri Agus Gumiwang merupakan pengusaha apartemen mewah yang telah menggeluti bisnis properti sejak 2005. Ia sempat sukses memimpin pengembang proyek apartemen mewah Senopati Suite 3 di kawasan Jakarta Selatan.

Loemongga Haoemasan juga pernah menggeluti bisnis distribusi sepatu asal Malaysia, bermerk Vincci, bersama tiga sahabatnya.

Perlu diketahui, Agus Gumiwang sendiri sudah aktif di partai Golkar sejak usia muda. Ia telah menjadi Wasekjend DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dari tahun 1994-1999.

Maka tidak heran, jika ia menjadi calon kuat pengganti Airlangga sebagai Ketum Partai Golkar. Seperti itulah silsilah keluarga Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sebagaimana diketahui, Airlangga memutuskan mundur sebagai Ketua Umum Partai Golkar  sejak Sabtu (10/8/2024) malam.

Dalam keterangan resminya, Airlangga menyebut pengunduran dirinya dilakukan karena ingin memuluskan transisi pemerintahan dari kepemimpinan presiden dan wakil presiden Joko Widodo alias Jokowi-Maruf Amin ke Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, Airlangga juga menyebut keputusan ini dibuat demi menjaga keutuhan partai lambang pohon beringin itu. Sementara itu, pihak partai berlogo pohon beringin ini sendiri menegaskan bahwa keputusan Airlangga untuk mundur tanpa adanya paksaan.

"DPP menghargai keputusan Ketum Airlangga Hartarto untuk mundur dari kursi Ketua Umum Partai Golkar sebagai hak pribadi beliau. Keputusan beliau dibuat secara pribadi tanpa paksaan," ujar Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar Meutya Hafid.

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #silsilah #keluarga #agus #gumiwang #partai #beringin #mengalir #kuat #tubuh #calon #pengganti #airlangga #jadi #ketum #golkar

KOMENTAR