Sebelum Mundur dari Ketua Umum Golkar, Zulhas Sebut Tak Ada Pembahasan Politik dengan Airlangga
Ketua Umum DPP PAN sekaligus Menteri Perdagangan RI (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas saat ditemui di Istana Garuda, IKN, Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024). 
17:25
12 Agustus 2024

Sebelum Mundur dari Ketua Umum Golkar, Zulhas Sebut Tak Ada Pembahasan Politik dengan Airlangga

Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas menyatakan, tak ada pembahasan apapun terkait kondisi politik dengan Airlangga Hartarto sebelum menyatakan mundur sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar.

Bahkan kata Zulhas, pembahasan perihal mundurnya Airlangga dari Golkar tersebut juga tidak pernah dilakukan di internal Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Gak ada gak ada (pembahasan politik terkini dengan Airlangga)," kata Zulhas saat ditemui awak media usai sidang kabinet paripurna di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024).

Kata Zulhas dirinya bertemu dengan Airlangga kekinian hanya dalam agenda sidang kabinet di IKN itu.

Namun, bertemunya mereka tidak membahas sama sekali soal KIM termasuk soal politik.

Karena memang atribusi keduanya kata dia, sebagai Menteri yang dipanggil Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas kerjanya masing-masing bersama dengan para menteri lainnya.

"Kita ngobrol soal kerjaan, soal IKN, soal ekonomi. Ini rapat kabinet ya, (pembahasan) politik gak ada," ujar dia.

Saat disinggung soal kondisi terkini KIM setelah Airlangga memutuskan mundur sebagai Ketum Golkar Zulhas menegaskan, sejatinya tidak ada permasalahan di koalisi

Bahkan kata dia, koalisi pemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 itu masih kompak dan solid.

"Nggak ada masalah, kompak, solid," kata Zulhas saat ditemui usai sidang kabinet paripurna di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (12/8/2024).

Solidnya KIM itu kata Menteri Perdagangan RI itu justru akan semakin besar nantinya dengan wacana terbentuknya KIM Plus.

Dimana, KIM Plus ini memang diwacanakan terbentuk di Pilkada 2024.

Adapun anggotanya yakni seluruh partai KIM, seperti Golkar, Gerindra, PAN, dan Demokrat ditambah dengan koalisi di luar KIM.

"Bahkan nanti bakal ada KIM Plus," kata Zulhas.

Saat disinggung soal sikap PAN atas mundurnya Airlangga Hartarto ini, Zulhas menghormati.

Kata dia, hal itu merupakan dinamika di internal partai lain yang harus dihormati.

"Apapun kita hormati, antara partai masing-masing," tandas dia.

Sebelumnya Airlangga resmi mengundurkan diri dari posisi Ketua Umum Partai Golkar.

Airlangga menyampaikan pengunduran diri tersebut dalam rekaman video.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim serta atas petunjuk Tuhan yang maha besar maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai ketua umum DPP partai Golkar. Pengunduran diri ini terhitung sejak semalam yaitu Sabtu 10 Agustus 2024," kata Airlangga.

Airlangga mengatakan pertimbangannya mundur dari Ketum Golkar adalah untuk menjaga keutuhan partai dan dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat.

"Untuk menjaga keutuhan partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan terjadi dalam waktu dekat," terangnya.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #sebelum #mundur #dari #ketua #umum #golkar #zulhas #sebut #pembahasan #politik #dengan #airlangga

KOMENTAR