Cak Imin Sebut Koalisi Bisa Bubar Gegara Wakil Calon Kepala Daerah, Singgung Anies di Jakarta?
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Suara.com/Dea)
19:08
23 Juli 2024

Cak Imin Sebut Koalisi Bisa Bubar Gegara Wakil Calon Kepala Daerah, Singgung Anies di Jakarta?

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyebut sejumlah koalisi untuk Pilkada Serentak 2024 belum terbentuk.

Dia mengungkapkan salah satu masalahnya, terkait wakil kepala daerah yang dianggap belum cocok. Hal itu disampaikan Cak Imin saat menghadiri acara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) dan Harlah PKB ke-26.

Awalnya, Cak Imin menjelaskan bahwa proses untuk menentukan arah dukungan terhadap calon kepala daerah masih berada pada desk Pilkada PKB, termasuk Pilkada Jakarta.

"Nanti. Pokoknya semua lagi proses di desk pilkada ya. Perkembangan tiap hari berubah," kata Cak Imin di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2024).

Baca Juga: Meski Reses, Cak Imin Dorong Pansus Haji Mulai Bekerja Secara Informal

Wakil Ketua DPR RI menjelaskan di berbagai daerah banyak terjadi koalisi yang gagal karena adanya ketidakcocokan pasangan.

"Sudah dukung A tahu-tahu peta koalisinya berubah. Sudah mendukung B tahu-tahu wakilnya sama-sama nggak cocok,” ujar Cak Imin

“Nah itu semua menjadi problematika pilkada yang tidak bisa saya sampaikan, karena desk pilkada bisa berkembang," tambah dia.

Saat ditanya soal pengaruh Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur pendamping Anies Baswedan terhadap arah dukungan PKB, Cak Imin enggan menjawab dengan gamblang.

"Banyak daerah. Proses belum berjalan karena cocok-cocokan itu. Ada cocok, belum cocok. Saya nggak bisa menyampaikan karena sangat macam-macam variasinya di desk itu," ujarnya.

Baca Juga: Cak Imin Bersyukur Suara PKB Di Pemilu Naik Meski Biaya Politik Minim: Ya Gimana, Cuma Mendes Dan Menaker

Sebagai informasi, Partai Keadilan Sejahtera mengusung Anies Baswedan dan Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jakarta.

Meski begitu, DPP PKB belum menentukan sikap meskipun DPW PKB Jakarta sudah mengumumkan arah dukungan kepada Anies Baswedan untuk maju kembali pada Pilkada Jakarta.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #imin #sebut #koalisi #bisa #bubar #gegara #wakil #calon #kepala #daerah #singgung #anies #jakarta

KOMENTAR