Roadshow Jatim Media Summit Jember: Ajak Komunitas Media hingga Komunitas Produksi Konten Digital dengan AI
Kepala Digital Marketing dan dosen ISTTS Ardalina Luvitasari memberikan materi saat pelaksanaan Jatim Media Summit (JMS) di Jember, Jawa Timur, Jumat (19/7/2024). [Foto dok. Beritajatim.com]
22:00
20 Juli 2024

Roadshow Jatim Media Summit Jember: Ajak Komunitas Media hingga Komunitas Produksi Konten Digital dengan AI

Jatim Media Summit (JMS) kembali digelar untuk tahun kedua pada bulan Juli 2024. Kegiatan JMS diawali dengan roadshow berupa rangkaian workshop menarik di tiga kabupaten/kota di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Bojonegoro (15 Juli), Malang (17 Juli), dan Jember (19 Juli).

Untuk di Jember dibuka oleh Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Barlaman, pada Hari Jum’at, (19/7/2024). Gelaran rangkaian workshop JMS ini diinisiasi oleh Suara.com bersama Beritajatim.com dengan dukungan International Media Support (IMS).

“Diharapkan melalui JMS ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan secara langsung kepada komunitas di daerah-daerah, khususnya di Kabupaten Jember. Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrohmaanirrohiim," kata Firjaun di Pendopo Kabupaten Jember, Jumat (19/7/2024).

Rangkaian workshop yang dilaksanakan dalam roadshow ini mengangkat tema “Kiat Memproduksi Konten Digital dengan Teknologi AI Berbasis Fakta dan Data”.

Baca Juga: 4 Fakta Terkait Fenomena Awan Berlubang Viral di Jember, Pertanda Apa?

Para mahasiswa, pelajar, jurnalis, hingga content creator, konten digital, serta masyarakat terlihat aktif dalam mengikuti materi yang disampaikan para pemateri.

Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Barlaman saat pelaksanaan Jatim Media Summit (JMS) di Jember, Jawa Timur, Jumat (19/7/2024). [Foto dok. Beritajatim.com]Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Barlaman saat pelaksanaan Jatim Media Summit (JMS) di Jember, Jawa Timur, Jumat (19/7/2024). [Foto dok. Beritajatim.com]

Pemaparan materi disampaikan Kepala Digital Marketing dan dosen ISTTS Ardalina Luvitasari M.I.Kom; dan trainer Cek Fakta Google News Initiative, jurnalis Tempo Ika Ningtyas.

Acara ini dipandu oleh Koordinator Local Media Community Suara.com Asep Saefullah.

Sementara CEO PT Arkadia Digital Media, Suwarjono, mengatakan ide pelaksanaan Roadshow JMS 2024 ini salah satunya berkaca pada antusiasme dan suksesnya penyelenggaraan JMS pada Mei tahun lalu.

Saat itu, ada banyak sekali perwakilan media sekaligus peminat seluk-beluk industri media seantero Jawa Timur yang hadir. Makanya, kali ini disepakati untuk sekalian menggelar roadshow terlebih dulu sebelum puncak acara JMS 2024.

Baca Juga: Heboh Fenomena Awan Tak Biasa di Langit Jember, Seperti Perahu Nabi Nuh

“Kita juga merasa bahwa tidak saja karena ingin berbagi ilmu dan pengetahuan secara langsung kepada komunitas di daerah-daerah, namun perlu memperkenalkan lebih dekat lagi media-media yang ada, terutama yang berbasis di Jawa Timur khususnya, beserta kerja-kerja maupun produknya kepada audiens masing-masing,” ungkap Suwarjono, Jumat (19/7).

Pemimpin Redaksi Suara.com Suwarjono saat pelaksanaan Jatim Media Summit (JMS) di Jember, Jawa Timur, Jumat (19/7/2024). [Foto dok. Beritajatim.com]Pemimpin Redaksi Suara.com Suwarjono saat pelaksanaan Jatim Media Summit (JMS) di Jember, Jawa Timur, Jumat (19/7/2024). [Foto dok. Beritajatim.com]

Senada dengan Suwarjono, CEO Beritajatim.com, Dwi Eko Lokononto pun mengarisbawahi pentingnya kegiatan seperti roadshow ini sebagai bagian dari penguatan ekosistem media lokal di Jawa Timur.

“Kita, baik kami sendiri dari Beritajatim, maupun kawan-kawan media masing-masing di Bojonegoro, Malang, dan Jember, dengan begini akan dapat berinteraksi langsung, sembari berbagi pengalaman dengan komunitas audiens yang ada,” tutupnya.

Sebelumnya sesi Roadshow JMS 2024 di Bojonegoro digelar di kampus Universitas Bojonegoro (Unigoro). Kemudian di Malang bertempat di Mini Block Office Kota Malang.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #roadshow #jatim #media #summit #jember #ajak #komunitas #media #hingga #komunitas #produksi #konten #digital #dengan

KOMENTAR