Nggak Laku di Jakarta, Kaesang Bakal Dampingi Ahmad Lutfi di Jawa Tengah?
Kolase Kapolda Jateng, Ahmad Luthfi dan Ketua PSI Kaesang Pangarep. [Dok Suara.com]
05:12
20 Juli 2024

Nggak Laku di Jakarta, Kaesang Bakal Dampingi Ahmad Lutfi di Jawa Tengah?

Survei Litbang Kompas untuk Pilkada Jakarta menunjukan masih kuatnya Anies Baswedan serta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam bursa calon gubernur.

Meski sebelumnya nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep digadang-gadang maju dalam kontestasi politik di Jakarta, namun bekal elektabilitas berdasarkan hasil survei tidak cukup membuat putra bungsu Presiden Jokowi bersaing di Jakarta.

Walau hasil survei sementara untuk Pilkada Jakarta memperlihatkan lemahnya elektabilitas Kaesang di Jakarta, namun suami Erina Gudono tersebut masih memiliki kans kuat untuk bertarung di Pilkada Jawa Tengah (Jateng).

Menurut Pengamat Politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komaruddin, nama Kaesang masih berpotensi kuat untuk maju sebagai bakal Calon Wakil Gubernur Jateng. Menurut Ujang hal tersebut sangat erat kaitannya dengan pengangkatan Kader Gerindra Sudaryono yang baru saja diangkat menjadi Wakil Menteri Pertanian (Wamentan).

Baca Juga: Elektabilitas Kaesang di Pilgub Jakarta Jeblok, Anak Buah 'Serang' Anies hingga Dicap Perusak dan Serampangan!

Ia menganalisa bila diangkatnya Sudaryono menjadi Wamentan merupakan bentuk politik tukar tiket agar Kapolda Jateng Ahmad Luthfi bisa melenggang di Pilkada Jateng 2024. Tukar tiket tersebut merupakan hasil kompromi politik antara Presiden Joko Widodo alias Jokowu dengan Ketua Umum Partai Gerindra yang saat ini menjadi presiden terpilih, Prabowo Subianto.

"Masih dinamis dan dalam konteks itu KIM kelihatannya akan tumplak mendukung Ahmad Luthfi sebagai calon gubernur Jawa Tengah untuk dimenangkan," kata Ujang, Jumat (19/7/2024).

Ahmad Luthfi sendiri diperkirakan bakal menentukan wakil yang pas untuk di Jateng. Dalam pengamatan Ujang, hal tersebut tak menampik kemungkinan bila Kaesang berpotensi untuk didukung mendampingi Ahmad Luthfi.

Apalagi elektabilitas Kaesang di Jateng jauh lebih baik daripada di Jakarta.

"Jangan-jangan memang Kaesang (mendampingi Ahmad Luthfi) karena di Jakarta kan Kaesang nggak laku ya, surveinya satu persen kan, jadi sulit," katanya.

Baca Juga: Kaesang Bantah KIM Pecah: Kami Punya Tujuan Sama!

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Sudaryono dilantik menjadi Wamentan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (18/7/2024). Usai pelantikan, ia menegaskan tidak akan mencalonkan diri dalam Pilkada Jawa Tengah berdasarkan instruksi terbaru.

Padahal beberapa waktu lalu, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mendorong Sudaryono agar maju dalam Pilkada Jateng.

Setelah pelantikan Sudaryono, nama Ahmad Luthfi kemudian menjadi pertimbangan sejumlah partai yang bernaung dalam KIM untuk didukung dalam Pilkada Jateng.

Salah satunya, Partai Golkar yang hingga kini masih menunggu langkah Irjen Polisi Ahmad Luthfi untuk pensiun dini dari Polri sebelum serius mengusungnya pada Pilkada Jateng. (Antara)

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #nggak #laku #jakarta #kaesang #bakal #dampingi #ahmad #lutfi #jawa #tengah

KOMENTAR