CEK FAKTA: Tepung Sagu dapat Mengatasi Penyakit Asam Lambung, Apa Iya?
Ilustrasi asam lambung naik (Pixabay/Darko Djurin)
10:00
17 Juli 2024

CEK FAKTA: Tepung Sagu dapat Mengatasi Penyakit Asam Lambung, Apa Iya?

Sebuah akun di media sosial Facebook dengan nama “Bunda Kabari” mengklaim bahwa tepung sagu dapat mengatasi penyakit asam lambung.

“Jangan panik jika asam lambung naik simak vidionya ini” narasi dalam video tersebut.

Video yang dibagikan menunjukkan langkah-langkah untuk membuat ramuan tepung sagu yang diklaim bermanfaat untuk lambung.

"Pertama-tama siapkan satu buah gelas, kemudian tambahkan dua sendok makan tepung sagu. Kemudian tambahkan air matang dingin, jangan gunakan air hangat," keterangan dalam video tersebut.

Baca Juga: CEK FAKTA: RANS Entertainment Bikin Giveaway Senilai Rp50 Juta dengan Tebak Kata

"Selanjutnya kita bisa menambahkan satu sendok makan madu murni. Jika tidak ada madu, anda bisa menambahkan gula aren murni," lanjutnya.

“Bunda Kabari” mengklaim bahwa tepung sagu dapat digunakan untuk mengatasi penyakit asam lambung.

Namun, apakah benar bahwa tepung sagu dapat mengatasi asam lambung?

Menurut dokter Tirtawati Wijaya, seperti dilaporkan oleh Alodokter, penggunaan tepung sagu untuk mengatasi penyakit asam lambung belum memiliki dasar penelitian yang luas.

Dokter Tirtawati menjelaskan bahwa klaim ini hanya berdasarkan testimoni anekdotal, bukan dari penelitian ilmiah yang dapat dipercaya.

Baca Juga: CEK FAKTA: Lahir di Pesawat, Pria Ini Ngaku Dapat Hadiah Istimewa Gratis Naik Pesawat Garuda Seumur Hidup

Dr. Tirta lantas merekomendasikan beberapa tindakan yang terbukti efektif dalam mengatasi penyakit asam lambung, seperti mengatur pola makan dengan porsi lebih kecil dan frekuensi lebih sering, menghindari asap rokok (baik sebagai perokok aktif maupun pasif), dan menghindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat di area lambung dan perut.

Kesimpulan: Berdasarkan penjelasan dokter Tirtawati Wijaya, klaim bahwa tepung sagu dapat mengatasi penyakit asam lambung adalah tidak benar dan tidak didukung oleh bukti ilmiah yang memadai.

Rekomendasi penggunaan tepung sagu untuk tujuan medis seperti ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi atau testimonial, bukan dari studi yang dapat diverifikasi secara ilmiah.

Editor: Bella

Tag:  #fakta #tepung #sagu #dapat #mengatasi #penyakit #asam #lambung

KOMENTAR