Diminta Kasih Skor Kinerja Kementerian LHK, Anies: Sensitif, Ada yang Habis Itu Ceramah
Anies Baswedan dalam Paku Integritas Calon Presiden dan Wakil Presiden, di KPK, Rabu (17/1/2024). (Dok: Amin)
22:16
18 Januari 2024

Diminta Kasih Skor Kinerja Kementerian LHK, Anies: Sensitif, Ada yang Habis Itu Ceramah

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan memberikan skor kinerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang dipimpin oleh Siti Nurbaya Bakar.

Momen itu terjadi dalam acara Desak Anies yang dihelar di Half Patiunus, Jakarta Pusat, Kamis (18/1/2024).

Awalnya, Anies menjelaskan Indonesia memiliki komitmen untuk emisi nol pada tahun 2060. Menurut Anies, komitmen itu harus diturunkan dalam bentuk kebijakan-kebijakan.

"Kita punya komitmen untuk net zero emision di tahun 2060. Ini harus diturunkan dalam bentuk kebijakan kementerian, provinsi, kabupaten, privat sektor," kata Anies di lokasi.

Selain nol emisi, Anies menyampaikan Indonesia juga berencana untuk bisa menurunkan efek rumah kaca pada tahun 2030. Namun, bagi Anies hal itu sulit untuk diwujudkan.

"Kemudian komitmen menurunkan efek rumah kaca itu sampai hampir 32 persen di tahun 2030, kita masih jauh dari situ. Bahkan kalau catatan kita, jauhnya agak mengkhawatirkan," ucap Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan pentingnya Indonesia memiliki aturan yang bisa menjangkau semua lapisan dan sektor.

"Menurut kami ini harus ada regulasi yang komprehensif, apa yang dikerjakan pemerintah pusat provinsi daerah dan privat sektor," imbuhnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini kemudian mendorong supaya ada percepatan penggunaan energi baru dan terbarukan. Sebab Indonesia sudah memasang target pada tahun 2025 mendatang.

"Targetnya kalau tidak salah 23 persen di tahun 2025, nah kita sekarang baru 13 persen. Itu mencapai tambahan 10 persen dalam waktu 2 tahun itu mission impossible," jelas Anies.

"Satu tahun ya, ini 2024. Ini sebab banyak pemimpin ditandatangani tapi kita tidak susun eksekusinya. Ini harus dikerjakan tiap tahun," ungkap dia.

Tiba-tiba pembawa acara meminta Anies untuk memberikan skor terhadap kinerja KLHK selama ini. Anies pun memberikan nilai yang tidak buruk pada Kementerian yang dipimpin oleh menteri dari Partai Nasdem itu.

"Kira-kira ketika Mas Anies nilai, berapa nilai yang Mas Anies sematkan untuk Kementerian Lingkingan Hidup dan Kehuatan ini mas?" tanya pembawa acara.

"12 dari berapa? 12 dari 14 ya," jawab Anies.

Anies menuturkan, bahwa memberi penilaian kepada sebuah kementerian belakangan ini terasa sensitif.

"Ngasih nilai sensitif, ada yang abis itu ceramah nyebut angka terus," lanjut Anies.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #diminta #kasih #skor #kinerja #kementerian #anies #sensitif #yang #habis #ceramah

KOMENTAR