Projo, PDN, dan Tentara Israel: Menakar Posisi Politik Budi Arie di Tengah Badai
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi datang menyambangi Istana Kepresidenan Jakarta. (Suara.com/Novian)
19:44
11 Juli 2024

Projo, PDN, dan Tentara Israel: Menakar Posisi Politik Budi Arie di Tengah Badai

Nama Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menjadi buah bibir setelah bobolnya Pusat Data Nasional (PDN). Masyarakat menilai Budi sama sekali tidak layak menduduki jabatan itu. Sebaliknya, jabatan Menteri Budi datang lantaran dia merupakan orang dekat Presiden Joko Widodo.

Kini setelah kasus PDN, namanya kembali viral lantaran fotonya bersama tentara Israel tersebar luas di internet. Budi yang berkemeja kotak – kotak tampak berdiri diapit perempuan berseragam hijau army dengan menenteng senjata. Mereka merupakan tentara Israel. Foto tersebut diambil pada 2015 silam.

Saat itu, Budi tengah menapaki karier di dunia politik dan pemerintahan. Menkominfo bukan jabatan pertama Budi Arie. Sebelum bertugas sebagai Menkominfo, Budi merupakan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT).

Pengangkatan Budi dalam jabatan tersebut dilakukan pada tanggal 25 Oktober 2019 oleh Presiden Joko Widodo dan bertugas mendukung tugas-tugas Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dalam mengelola program-program pembangunan dan pemberdayaan di desa, daerah tertinggal, dan kawasan transmigrasi di Indonesia.

Baca Juga: Kominfo Gencar Berantas Judol, Menkominfo Malah Tercyduk Doyan Main Judi Online di Facebook

Sebelum mengisi jabatan – jabatan strategis itu, Budi menjadi Ketua Projo yang merupakan singkatan dari Pro Jokowi, organisasi sukarelawan pendukung Joko Widodo yang berdiri pada 2013. Jabatan itu tetap melekat hingga kini meskipun Budi telah dilantik sebagai menteri.

Foto jadul Budi Arie Setiadi bareng tentara Israel. (x/andikamalreza)Foto jadul Budi Arie Setiadi bareng tentara Israel. (x/andikamalreza)

Sepak terjang Budi Arie selama di Projo dilatarbelakangi ingin mendukung Jokowi dalam Pemilu 2014. Dia sebelumnya juga aktif di PDIP sejak 2005. Sejak pertama kali berdiri hingga saat ini, Budi Arie masih tercatat sebagai ketua. Projo tidak hanya memiliki visi memenangkan Jokowi namun juga mengawal Jokowi selama menjabat sebagai presiden. 

Karier politik Budi Arie cukup moncer bersama PDIP. Dia pernah menduduki jabatan sebagai Kepala Balitbang PDIP DKI Jakarta serta Ketua DPD PDIP DKI Jakarta. Sebelum memulai kariernya di kancah politik, Budi Arie malang-melintang di dunia jurnalistik. Dia pernah bekerja sebagai wartawan Media Indonesia pada 1994 – 1996.

Kemudian berpindah ke tabloid ekonomi Kontan pada 1996 – 2001. Terakhir, pada 2008 – 2009 Budi Arie merupakan Pemimpin Umum Tabloid Bangsa. Budi merupakan alumnus Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia tahun 1996.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Baca Juga: Minta Budi Arie Setiadi Mundur, Kemenkominfo di Geruduk Massa

Editor: M Nurhadi

Tag:  #projo #tentara #israel #menakar #posisi #politik #budi #arie #tengah #badai

KOMENTAR