ASN harus Siap-siap, Ini Waktu Pegawai Kementerian dan Lembaga Pemerintahan Dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara
Penampakan dari atas proyek pembangunan IKN. [Ist]
17:28
10 Juli 2024

ASN harus Siap-siap, Ini Waktu Pegawai Kementerian dan Lembaga Pemerintahan Dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) masih terus berjalan hingga saat ini. KemenPAN-RB, juga telah menyiapkan sejumlah skema pemindahan ASN Kementerian dan Lembaga untuk ke IKN di tahun 2024.

Lantas kapan pemindahan ASN ini dilakukan?. MenPAN-RB, Abdullah Azwar Anas sendiri mengungkapkan ada lima tahapan yang akan dilaksanakan untuk pemindahan ASN.

Pada tahap pertama sebanyak 11.274 ASN akan dipindahkan ke IKN pada tahun 2024. Lalu menyusul tahap kedua di tahun 2024-2029, tahap ketiga 2030-2034, keempat 2035-2039 dan tahap kelima yakni tahun 2040-2045.

Pada tahap pertama ASN akan dilaksanakan pada September 2024. Memang sebelumnya Azwar Anas menyebutkan bahwa pemindahan dilaksanakan pada Juli-Agustus.

Baca Juga: Daftar Lengkap 38 Kementerian dan Lembaga yang Pindah ke IKN Tahun 2024

Namun ada masukan dari Mensesneg, Pratikno yang memberi saran untuk memindahkan ASN pada September 2024. Hal itu berkaitan dengan tanggal 17 Agustus 2024 yang akan dihelat upacara Hari Kemerdekaan Nasional.

Mundurnya pemindahan para ASN di bulan September bahkan dianggap sesuai oleh Azwar Anas. Hal itu berkaitan juga dengan perkembangan pembangunan fisik hunian para ASN yang akan dipindahkan.

Skema pemindahan ASN sendiri untuk tahap pertama nantinya dipindahkan juga secara beratahap sebanyak 6.000 ASN. Pemindahan ini menyesuaikan dengan jumlah kamar di apartemen IKN yang siap yakni 6.000 unit.

Sisanya masih terus dilakukan pembangunan. Sehingga Kemen PUPR juga sudah menyiapkan rumah susuh untuk menampung ASN yang terus didatangkan oleh pemerintah ke IKN.

Menteri PUPR, Basuki Hadimujono mengatakan bahwa ada 9 tower rusun ASN yang sudah selesai dibangun. Pada lebaran 2024 kemarin sejumlah rusun sudah jadi dan bisa ditempatkan.

Baca Juga: Keputusan di Tangan Jokowi, Status Jakarta jadi Ibu Kota Negara Tinggal Menghitung Hari

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #harus #siap #siap #waktu #pegawai #kementerian #lembaga #pemerintahan #dipindahkan #kota #nusantara

KOMENTAR