Raih Kesuksesan Bersama Shopee Live, Hendri Alejandro Perluas Jangkauan Produk UMKM Kecamatan Ibun
Hendri Alejandro. (Dok: Istimewa)
10:20
10 Juli 2024

Raih Kesuksesan Bersama Shopee Live, Hendri Alejandro Perluas Jangkauan Produk UMKM Kecamatan Ibun

Hendri Alejandro, seorang pemuda berusia 26 tahun yang berasal dari Kampung Kamojang, Kecamatan Ibun, Bandung sukses menginspirasi banyak orang berkat kegigihannya dalam memanfaatkan berbagai peluang untuk memajukan bisnisnya

Kegigihan tersebut juga yang telah membawanya bergabung dengan Shopee Affiliate Program pada tahun 2023.

Sejak awal bergabung, Hendri segera menyadari potensi besar yang dimiliki oleh live streaming dan memasarkan produk dari bisnisnya, Ibun Mall, melalui Shopee Live. Dengan tekun, ia pun mengembangkan kemampuannya dalam memanfaatkan fitur tersebut, mulai dari teknik presentasi produk, interaksi dengan penonton, hingga strategi promosi yang efektif. Kerja keras dan strategi yang matang ini membuahkan hasil yang luar biasa, dalam beberapa bulan saja Hendri berhasil meningkatkan penjualan secara signifikan, hingga kini ia dapat menghasilkan hingga 500 juta rupiah dari berjualan di Shopee Live.

Dibesarkan di keluarga yang sederhana tidak menghalangi Hendri dari memiliki semangat wirausaha yang tinggi sejak dini. Memulai perjalanan bisnisnya di tahun 2018 saat usianya masih 19 tahun, menjadi fondasi yang mengantarkan Hendri pada kesuksesan yang kini ia raih melalui Ibun Mall, bisnis yang ia dirikan di tahun 2021 dan berfokus pada menyediakan produk dari kategori Ibu & Anak. Tidak hanya untuk meningkatkan keadaan ekonomi dirinya dan keluarga, motivasi Hendri membangun Ibun Mall juga untuk mengenalkan dan memperluas jangkauan UMKM yang berasal dari kampung halamannya.

Baca Juga: 25 Pelaku UMKM Dapat Pelatihan Disnakertranskopumkm, Apakah Itu?

Hendri mengatakan, baginya kesuksesan itu akan lebih menyenangkan jika dirasakan bersama-sama.

“Hal ini lah yang membuat saya sangat antusias untuk mengembangkan Ibun Mall, yang namanya terinspirasi dari Kecamatan Ibun, tempat dimana saya dan keluarga tinggal hingga saat ini. Sebelumnya, saya sudah memanfaatkan beberapa platform lain untuk mengembangkan bisnis. Namun, saya merasa banyak sekali manfaat yang dirasakan sejak bergabung dengan Shopee Affiliate Program dan fitur Shopee Live. Bukan hanya dari pendapatan yang mencapai ratusan juta perbulannya, keuntungan yang saya rasakan juga meliputi, kesempatan untuk dapat memberdayakan banyak orang di sekitar. Seperti, para pemuda lain yang berasal dan tinggal di kampung saya, yang kini telah saya latih agar bisa luwes menjadi host live streaming di Shopee Live. Selain itu, beberapa hasil karya UMKM Kecamatan Ibun, saat ini dapat diakses melalui Shopee, sehingga produk-produk tersebut dapat memiliki kesempatan untuk menjangkau pasar lebih luas,” paparnya.

Shopee Live Bawa Peluang dan Dampak Signifikan bagi Hendri & Kecamatan Ibun

Di tengah persaingan yang ketat, penting untuk memiliki ciri khas pembeda yang dapat dikenali pelanggan. Baik nama toko atau produk yang dipromosikan bisa menjadi daya tarik tersendiri. Menyadari hal ini, Hendri telah menyusun strategi penjualan, khususnya melalui Shopee Live, yang ia yakin dapat menjadikan Ibun Mall sebagai toko andalan bagi pelanggannya.

Konsistensi melakukan live streaming selama 24 jam penuh dalam seminggu di Shopee Live, menjadi strategi utama yang membawa dampak efektif dan signifikan terhadap penjualan Ibun Mall. Bukan hanya berhasil meraih pelanggan setia, ternyata strategi ini juga berhasil meraih prestasi gemilang bagi Ibun Mall, yaitu Rekor MURI untuk 1000 jam live streaming non-stop pertama di Shopee.

Baca Juga: 100 Peserta Termasuk UMKM Ambil Bagian dalam Indonesia Maju Expo dan Forum 2024

“Alasan saya mulai menerapkan sesi live streaming selama 24 jam itu karena saya menyadari bahwa kebiasaan belanja masyarakat berbeda-beda. Tidak semua orang memiliki waktu luang untuk belanja di jam-jam kerja seperti siang hingga sore hari. Apalagi target market saya adalah para ibu yang sedang mempersiapkan persalinan atau bahkan baru saja melahirkan yang tentunya memiliki kesibukan sendiri. Maka itu, saya memutuskan untuk melakukan live streaming selama 24 jam, agar dapat melayani para pelanggan setia Ibun Mall dengan maksimal. Ternyata hasilnya juga sebanding dengan usaha yang kami lakukan, mendapatkan Rekor MURI sampai saat ini masih menjadi salah satu pencapaian yang paling membanggakan untuk kami. Saya sangat bersyukur karena memiliki tim yang handal, semangat dan dedikasi tinggi hingga kita bisa mencapai rekor ini bersama-sama,” kata Hendri.

Bergabung dan berkembang bersama Shopee Live telah membuka banyak pintu baru bagi Hendri, terutama dalam membuka lapangan pekerjaan dan memberdayakan para pemuda di Kecamatan Ibun. Dengan adanya kebutuhan live streaming selama 24 jam setiap hari, Hendri telah merekrut lima karyawan khusus sebagai host di Shopee Live untuk membantunya menciptakan sesi live streaming yang interaktif dan menyenangkan serta memperkuat branding Ibun Mall. Guna mencapai tujuan ini, Hendri pun membekali karyawannya dengan pelatihan yang mengasah keterampilan berharga di dunia digital, mulai dari mengoperasikan sesi live streaming, mengatur pencahayaan, strategi pemasaran, hingga pentingnya mengerti secara dalam mengenai produk yang dipasarkan untuk menjelaskan keunggulannya kepada pelanggan secara informatif. Upaya ini tidak hanya berhasil meningkatkan penjualan, tetapi juga membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan, serta memberikan kontribusi positif bagi komunitas sekitar dalam era digital ini.

Tidak hanya cara berbelanja, tentunya kelengkapan produk juga menjadi faktor utama dari mendapatkan loyalitas pembeli. Maka itu, Hendri berkomitmen membuat Ibun Mall fokus pada kebutuhan Ibu & Anak dengan menyediakan berbagai perlengkapan esensial. Mulai dari baju dengan berbagai model, diaper bag, kasur kelambu, handuk, hingga gendongan anak, Ibun Mall memastikan setiap produk memiliki kualitas terbaik guna memenuhi kebutuhan anak sehari-hari. Produk yang tersedia di Ibun Mall pun terbagi menjadi dua kategori: pertama, produk yang diproduksi sendiri dengan standar kualitas yang terbaik. Kedua, Ibun Mall juga menjadi wadah untuk menyalurkan produk dari UMKM lokal lainnya di Kecamatan Ibun, memastikan bahwa semua barang yang dijual mendukung pertumbuhan ekonomi lokal sambil memberikan pelanggan pilihan yang beragam. Dengan komitmen ini, Ibun Mall tidak hanya menjadi destinasi belanja yang diandalkan, tetapi juga mempromosikan dan mendukung produk lokal yang berkualitas dari komunitas sekitar

“Saat ini, Ibun Mall masih fokus pada menyediakan produk-produk yang dibutuhkan oleh para calon ibu atau ibu dengan bayi yang baru lahir. Saya yakin pasti banyak sekali kebutuhan yang harus para ibu ini penuhi untuk sang buah hati. Untuk mempermudah, Ibun Mall menyediakan beberapa paket bundling, salah satu yang paling populer adalah ‘Paket Brojol’ yang isinya sudah termasuk 42 produk seperti jumpsuit, baju newborn, sarung tangan & kaki, topi, hingga popok kain. Tentunya paket ini kami hadirkan dengan harga yang sangat terjangkau agar bisa didapatkan oleh semua kalangan. Produk-produk ini pun sudah terjamin kualitasnya dan memiliki standar SNI, jadi sudah pasti aman untuk digunakan anak sehari-hari. Selain itu, semua produk yang terdapat di paket ini diproduksi langsung di Kecamatan Ibun oleh warga sekitar, sehingga di samping memenuhi kebutuhan anak, membeli produk di Ibun Mall juga berarti mendukung kemajuan UMKM lokal,” tutup Hendri.

Keputusan Hendri untuk memanfaatkan peluang dari Shopee Affiliate Program dan Shopee Live telah menghasilkan berbagai manfaat yang signifikan. Selain memenuhi kebutuhan pelanggan, langkah ini juga berhasil memperkenalkan Kecamatan Ibun ke ranah yang lebih luas dan memberikan dampak positif yang nyata pada perekonomian kampung halamannya. Melalui kesuksesannya bersama Shopee, Hendri tidak hanya mengungkapkan potensi luar biasa dari produk UMKM lokal, tetapi juga membuktikan bahwa produk-produk ini memiliki kualitas yang dapat bersaing di pasar digital yang semakin berkembang.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, mulai perjalanan kamu sebagai konten kreator dengan Shopee sekarang juga dan nikmati berbagai keuntungannya! Kamu bisa bergabung melalui tautan https://shopee.co.id/m/affiliates atau mencari kata kunci ‘Shopee Affiliate Program’ pada fitur pencarian di aplikasi Shopee. Jangan lupa manfaatkan fitur Shopee Live dan Shopee Video dan raih keuntungan yang lebih maksimal!

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #raih #kesuksesan #bersama #shopee #live #hendri #alejandro #perluas #jangkauan #produk #umkm #kecamatan #ibun

KOMENTAR