PT JAS Sebut Petugas Bandara Jatuh dari Pesawat TransNusa Akibat Miskomunikasi
Ilustrasi Masapai penerbangan TransNusa
11:16
17 Mei 2024

PT JAS Sebut Petugas Bandara Jatuh dari Pesawat TransNusa Akibat Miskomunikasi

Viral di media sosial seorang petugas bandara di Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, jatuh dari pintu pesawat TransNusa. Petugas Ground Handling itu jatuh karena tangga menuju kabin pesawat itu telah didorong petugas lain.   Dalam video yang diunggah ulang akun Instagram @inimasabi, petugas tersebut jatuh saat akan keluar dari pintu pesawat. Posisi petugas tampak berjalan mundur sehingga tidak melihat ke arah jalan keluar karena sedang berbincang dengan awak kabin.   “Petugas darat jatuh dari pesawat TransNusa PK-TLB di Jakarta. Turut prihatin dan semoga diberi kesembuhan, pulih segera untuk Masnya,” kata akun tersebut, dikutip JawaPos.com, Jumat (17/5).  

  Sementara itu, PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) buka suara dan membenarkan bahwa ada petugasnya yang jatuh dari pesawat TransNusa 8B 5110 rute Jakarta-Bali di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, pada Senin (13/5).    “Kami perlu memberikan keterangan resmi bahwa benar telah terjadi ground incident petugas PT JAS di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng, pada saat persiapan penerbangan," ujar manajemen PT JAS dalam laman resminya, dikutip Jumat (17/5).   Manajemen juga memastikan bahwa kecelakaan tersebut terjadi karena miskomunikasi antara petugas flight coordinator (FC) dengan petugas passenger boarding stairs (PBS).  

  Sehingga, akibat kesalahan itu mengakibatkan petugas FC tidak mengetahui posisi PBS ketika hendak meninggalkan pesawat.   Pihaknya pun memastikan bahwa setelah kejadian tersebut, petugas FC yang terjatuh langsung dilakukan tindakan dibawa ke emergency medical assistance di terminal bandara serta pemeriksaan lebih lanjut di RS Hermina Periuk, Tangerang.   “Kami sangat bersyukur FC kami tidak mengalami cedera berat setelah kejadian tersebut," ujar manajemen.  

  Pihaknya memohon maaf dan memastikan bahwa ke depannya PT JAS akan meningkat pengawasan demi memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan. Baik itu bagi pekerja maupun pengguna jasa PT JAS.   “Kami memohon maaf kepada seluruh pemangku kepentingan atas ketidaknyamanan ini. Kami berkomitmen kejadian serupa tidak terjadi lagi ke depannya," pungkasnya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #sebut #petugas #bandara #jatuh #dari #pesawat #transnusa #akibat #miskomunikasi

KOMENTAR