Ditunjuk jadi Stafsus Presiden, Ini Sosok Grace Natalie yang Pernah Besar di Dunia Jurnalistik
Wakil Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie
15:08
16 Mei 2024

Ditunjuk jadi Stafsus Presiden, Ini Sosok Grace Natalie yang Pernah Besar di Dunia Jurnalistik

- Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie mendapat tugas baru di pemerintahan, jelang Presiden Joko Widodo (Jokowi) purna bakti pada Oktober 2024 mendatag. Grace Natalie bersama Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Juri Ardiantoro ditunjuk menjadi Staf Khusus (Stafsus) Presiden.

Grace mengaku tugas itu diberikan setelah dirinya menemui Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (15/5) kemarin. Pertemuan itu didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.   "Ada pertemuan saja, bertemu dengan Bapak Presiden, ada penugasan dari beliau," kata Grace kepada awak media di Istana Negara kemarin.  

  Namun, Grace enggan mengungkapkan secara rinci terkait penugasan dirinya di pemerintahan. "Ya nanti diinfokan deh, biar koordinasi dulu," ungkap Grace.   Sementara, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan, Jokowi menerima Grace Natalie dan Juri di Istana untuk menugaskan keduanya sebagai staf khusus presiden.    "Bapak Presiden berturut-turut menerima Bapak Juri Ardiantoro dan Ibu Grace Natalie ke Istana Merdeka. Mereka berdua dipanggil Bapak Presiden untuk mendapatkan penugasan sebagai staf khusus Presiden RI," ujar Ari.   Ari belum menjelaskan secara rinci tugas-tugas yang bakal dijalani Grace dan Juri sebagai stafsus Jokowi. Menurutnya, keduanya akan menjalankan tugas khusus sesuai arahan Jokowi.    "Menjalankan tugas-tugas khusus  sesuai arahan Bapak Presiden," papar Ari.    Berikut ini profil Grace Natalie   Grace Natalie Louisa atau yang biasa dipanggil Grace Natalie lahir di Jakarta, 4 Juli 1982. Sebelum menapaki dunia politik, Grace merupakan seorang jurnalis.   Grace yang merupakan alumni Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie. Selama berkecimpung di dunia jurnalistik, Grace Natalie kerap berpindah media, ia banyak mengenal dunia jurnalistik dari dalam ajang SCTV Goes to Campus.  Dari SCTV, Grace kemudian berpindah ke ANTV, dan terakhir ia bertugas di TVOne.    Pada 2012, Grace resmi meninggalkan dunia jurnalistik, yang kemudian menjadi CEO Saiful Mujani Research and Consulting. Di sini, ia hanya bertahan dua tahun, karena pada 2014 ia mulai terjun ke dunia politik.    Pada 2014, Grace bersama beberapa anak muda lainnya seperti Raja Juli Antoni dan Isyana Bagoes Oka menginisiasi lahirnya PSI. Pada Pemilu 2019, Grace mencalonkan menjadi calon anggota legislatif. Lantaran PSI tak memenuhi ambang batas parlemen atau parliamentary threshold 4 persen, harapan Grace duduk di kursi anggota dewan terpaksa kandas.   Namun, pada Pemilu 2024, Grace mengulangi niatnya untuk duduk di Parlemen. Sama seperti Pemilu 2019, Grace gagal duduk di Senayan, lantaran PSI tidak lolos ambang batas parlemen 4 persen.   Grace terbilang sosok yang cukup dekat dengan Jokowi. Sebab, sejak Pemilu 2019 PSI telah mendukung Jokowi. Kemudian, pada Pemilu 2024, PSI mendukung Prabowo-Gibran.  

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #ditunjuk #jadi #stafsus #presiden #sosok #grace #natalie #yang #pernah #besar #dunia #jurnalistik

KOMENTAR