Jokowi Soroti Ketersediaan Alat Kesehatan Modern untuk Tangani Penderita Stroke dan Jantung di Daerah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H.L.M. Baharuddin, M.Kes di Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara, Senin (13/5/2024). (Foto: Vico - Biro Pers Sekretariat Presiden)
13:04
13 Mei 2024

Jokowi Soroti Ketersediaan Alat Kesehatan Modern untuk Tangani Penderita Stroke dan Jantung di Daerah

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan pentingnya akses ke peralatan kesehatan modern seperti CT scan, cath lab, dan mammogram, yang kini tersedia lebih merata hingga ke puskesmas di kabupaten/kota.

Penekanan itu ia sampaikan saat meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H.L.M. Baharuddin, M.Kes di Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Jokowi Soroti Curhat Sering Dapat Keluhan Kurangnya Dokter Spesialis di Daerah: Jangan Sampai Alkes Jadi Tak Berguna

Jokowi menyoroti pentingnya peningkatan pelayanan kesehatan di daerah terpencil, terutama untuk penyakit berat seperti stroke dan jantung.

"Yang saya lihat hampir di semua daerah, penyakit yang menonjol itu stroke, jantung. Problemnya kalau di sebuah kabupaten atau kota yang jauh dari provinsi, tidak segera ditangani ya ini akan menjadi problem," kata Jokowi usai melakukan peninjauan, Senin (13/5/2024).

Mengatasi permasalahan tersebut, Jokowi mengatakan kekinian Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah memiliki banyak alat kesehatan modern.

"Banyak mengirimkan CT scan, cath lab, mammogram, atau yang ke level lebih kecil yaitu ke kabupaten, ke puskesmas itu ada USG untuk kehamilan," kata Jokowi.

Jokowi sekaligus mengapresiasi keberadaan dokter spesialis di kabupaten tersebut yang mampu mengoperasikan peralatan canggih.

"Saya melihat di sini baik. Gedungnya bagus, tata ruangnya bagus, bersih, saya kira itu yang harus semuanya menuju ke sana," kata Jokowi.

Editor: Ria Rizki Nirmala Sari

Tag:  #jokowi #soroti #ketersediaan #alat #kesehatan #modern #untuk #tangani #penderita #stroke #jantung #daerah

KOMENTAR