Berangkatkan 241.000 Jemaah Haji yang Terbagi Dua Gelombang, Tiga Bandara Ini Layani Fast Track
Jemaah haji Indonesia kembali mendapatkan layanan Fast Track (Dok. Kemenag)
16:56
12 Mei 2024

Berangkatkan 241.000 Jemaah Haji yang Terbagi Dua Gelombang, Tiga Bandara Ini Layani Fast Track

 Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) tahun ini menyediakan kuota jemaah haji Indonesia sebanyak 241.000 yang terbagi menjadi dua gelombang.

Dalam memudahkan jemaah haji Indonesia, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi menyediakan layanan fast track atau jalur cepat di tiga bandara di Indonesia.

Fast track adalah fasilitas preclearance dokumen jemaah haji oleh Imigrasi Arab Saudi di Indonesia. Awalnya, layanan ini hanya tersedia di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Namun, mulai tahun ini, fast track juga tersedia di Bandara Juanda Surabaya dan Adi Soemarmo Surakarta, total ada 3 bandara.

Berkat layanan fast track, dapat membantu jemaah menghemat waktu saat tiba di bandara tujuan, baik di bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah maupun King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah.

Sebab dokumen-dokumen seperti Paspor dan visa tidak diperiksa imigrasi bandara tujuan, lantaran sudah diperiksa sejak di Bandara Soetta, Juanda, dan Adi Soemarmo.

"Ini ikhtiar bersama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi dalam memudahkan jemaah. Atas nama pemerintah Indonesia, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Arab Saudi yang telah memberikan fasilitas fast track tambahan, selain di Jakarta, juga ada di Solo dan Surabaya," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang dilansir dari kemenag.go.id, Minggu (12/5/).

Saat Menteri Agama dan Dubes Saudi menyaksikan langsung layanan fast track, proses keimigrasian berlangsung singkat tidak sampai 2 menit, sehingga sangat membantu jemaah.

Pemerintah Indonesia menyiapkan kuota haji tahun ini sebanyak 241.000 jemaah yang terdiri dari 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

Layanan fast track diberikan kepada 128.450 jemaah atau 60,21% jemaah haji reguler yang berangkat dari Bandara Soetta-Cengkareng, Adi Soemarmo-Solo, dan Juanda-Surabaya.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #berangkatkan #241000 #jemaah #haji #yang #terbagi #gelombang #tiga #bandara #layani #fast #track

KOMENTAR