Menhub Janji Benahi STIP Pasca Terbunuhnya Taruna oleh Mahasiswa Senior, Siapkan Langkah Jangka Pendek hingga Panjang
Ilustrasi penganiayaan ./ANTARA
06:32
10 Mei 2024

Menhub Janji Benahi STIP Pasca Terbunuhnya Taruna oleh Mahasiswa Senior, Siapkan Langkah Jangka Pendek hingga Panjang

- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan duka cita mendalam dan meminta maaf kepada keluarga Alm. Putu, atas peristiwa kekerasan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta yang berujung meninggalnya sang taruna.

Menhub memastikan akan melakukan pembenahan di STIP dengan membaginya dalam rencana jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, demi memutus mata rantai kekerasan antarsiswa taruna/taruni.

Dalam jangka pendek, Kemenhub akan menunda (moratorium) penerimaan taruna di STIP. Sebagai gantinya, pihaknya akan mengoptimalkan penerimaan taruna di sekolah pelayaran lainnya di bawah Kemenhub.

Selain itu, aktivitas atau hal-hal yang bisa mengarah pada perundungan antar taruna/taruni juga akan dihilangkan.

"Kami melarang berbagi aktivitas yang dapat mendorong celah terjadinya perundungan, termasuk salah satunya menghilangkan kepangkatan dan sebutan senior dan junior di dalam sekolah," ujar Menhub seperti dikutip dari Antara.

Lalu dalam jangka menengah, pihaknya akan mengoptimalkan laporan-laporan berbasis digital untuk mengurangi interaksi fisik, dengan meningkatkan kualitas pengasuh taruna, membatasi interaksi taruna antar angkatan dengan cara dipisah, dan meniadakan atribut seragam.

Selain di STIP, Kemenhub juga akan membenahi sekolah lain di bawah naungannya agar pencegahan perundungan serupa bisa merata. Hal itu akan menjadi target jangka panjang.

"Dalam jangka panjang, pembenahan serupa akan diterapkan di sekolah-sekolah lain di bawah BPSDM Kementerian Perhubungan," imbuh Menhub.

Selain itu, pembenahan secara internal juga dilakukan, yaitu mengubah kurikulum dengan lebih memfokuskan pada pembelajaran di dalam kelas.

Selanjutnya adalah penguatan soft skills kepada para taruna/taruni agar nantinya setelah lulus dari STIP akan siap bekerja di bidang kelautan dan pelayaran.

Budi menambahkan pembenahan tersebut merupakan bentuk komitmen dalam menjadikan sekolah-sekolah di bawah naungan Kemenhub sebagai penghasil insan transportasi yang berkualitas.

Maka dari itu, demi mewujudkannya, Kemenhub akan meminta masukan dari berbagai pihak terkait seperti para pakar pendidikan dan pakar transportasi.

Sementara itu, mengenai penanganan kasus terbunuhnya taruna Putu, Menhub menegaskan sudah ditangani kepolisian.

“Terkait dengan kasus saat ini, sudah ditangani secara hukum oleh Kepolisian Resor Jakarta Utara,” ujarnya.

Budi juga menginstruksikan untuk dilakukan investigasi internal oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) terkait dugaan STIP Jakarta mengabaikan SOP yang telah ditetapkan hingga berujung terbunuhnya taruna tersebut.

"Untuk selanjutnya, akan dikenakan sanksi institusi sesuai ketentuan yang berlaku," tegasnya.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #menhub #janji #benahi #stip #pasca #terbunuhnya #taruna #oleh #mahasiswa #senior #siapkan #langkah #jangka #pendek #hingga #panjang

KOMENTAR