Ramai Oknum Pemalak Sopir Bus di Palembang Tak Jera meski Sudah Ditangkap: Pak Polisi yang Semangat Dong
Tangkapan layar seorang preman memalak uang milik sopir truk di Macan Lindungan, Palembang. (Instagram/@kabarnegri)
16:56
4 Mei 2024

Ramai Oknum Pemalak Sopir Bus di Palembang Tak Jera meski Sudah Ditangkap: Pak Polisi yang Semangat Dong

Kasus pemalakan yang menimpa sejumlah sopir saat berkendara memang tak membuat tenang bagi pengendara yang melintas. Baru-baru ini aksi pemalakan oleh seorang preman di wilayah Macan Lindungan, Palembang, Sumatera Selatan kembali jadi sorotan.

Bukan tanpa alasan, lokasi yang disebutkan di atas memang sudah sering polisi menangkap pemalak tersebut, kendati begitu, aparat tampaknya belum menemukan formulasi yang tepat sehingga tak ada efek jera bagi preman yang belum tertangkap.

Mengutip @kabarnegri, Sabtu (4/5/2024). Seorang sopir yang tengah melintas di wilayah Macan Lindungan terpaksa berhenti meladeni preman bermasker yang memalak sopir. Semua uang yang ada di dashboard truk diambil, bahkan preman tersebut mengambil tongkat e-toll milik sopir.

"Itu semuanya," bentak preman di dalam video.

"Mana ini, tuh adanya itu," balas sopir truk yang masih tenang menanggapi preman tersebut.

Peristiwa tersebut terjadi di APILL saat mobil truk berhenti. Sang sopir hanya membuat sebagian kaca agar preman tak leluasa melakukan kekerasan.

Tentu momen pemalakan tersebut menjadi sorotan netizen. Lokasi yang dianggap kerap muncul preman harus segera ditindaklanjuti oleh kepolisian.

"Hayoo bapak polisi jangan jera juga menumpas mereka," sebut salah satu netizen.

"Pak polisi yang semangat donk kalau emang sering muncul yang begini," kata lainnya.

"@divisihumaspolri bisa ga memberikan rakyat rasa aman?" tanya netizen lain menyindir.

Lokasi Macan Lindungan memang sering menjadi akses jalan pengendara truk ketika mengantar barang. Wilayah tersebut justru dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab yang mengaku sebagai penguasa wilayah.

Tak hanya di wilayah tersebut, aksi pemalakan di Pulau Jawa masih kerap ditemukan, berbeda dengan di Macan Lindungan, beberapa wilayah apalagi di Jawa Tengah pemalakan lebih dikenal dengan pungutan liar (pungli).

Penyakit masyarakat ini memang sulit hilang, mengingat faktor ekonomi menjadi salah satu alasan mereka memilih melakukan hal merugikan itu. Aparat, termasuk pemda setempat memiliki kewenengan penuh untuk meminimalisasi pungli, hanya saja penanganan mereka terkesan lambat, sehingga makin menjamur kasus pungli dan pemalakan sopir truk.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #ramai #oknum #pemalak #sopir #palembang #jera #meski #sudah #ditangkap #polisi #yang #semangat #dong

KOMENTAR