Pertama Kali di Indonesia, Sebuah Rumah Jadi Laboratorium Narkoba dan Produksi Tembakau Sintetis
Kepala Subdit III Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Malvino E. Yustisia saat di lokasi TKP, Sentul, Jawa Barat, Selasa (30/4/2024). ANTARA/HO-Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya
06:24
1 Mei 2024

Pertama Kali di Indonesia, Sebuah Rumah Jadi Laboratorium Narkoba dan Produksi Tembakau Sintetis

 - Kepolisian mengungkapkan penemuan sebuah rumah yang digunakan sebagai laboratorium narkoba di Komplek Perumahan Mountain View Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Penemuan rumah yang difungsikan sebagai laboratorium narkoba tersebut merupakan kasus pertama, dan telah mencatat sejarah baru dalam catatan kejahatan narkoba di Indonesia.

Melansir ANTARA, Kepala Subdirektorat III Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Malvino E. Yustisia menyampaikan, ini merupakan kasus pertama di Indonesia di mana produksi narkoba dilakukan mulai dari awal hingga menjadi produk jadi, termasuk tembakau sintetis (MDMP-4en) jenis Pinaca.

"Rumah ini adalah yang menjadi pertama kali di Indonesia dimana memproduksi mulai dari bahan baku sampai menjadi bibit atau menjadi bahan jadi untuk tembakau sintetis (MDMP-4en) jenis Pinaca," kata Kepala Subdirektorat (Subdit) III Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Malvino E. Yustisia saat ditemui di Jakarta, Selasa (30/4).

Malvino mengungkapkan temuan ini setelah melakukan pemeriksaan ulang di lokasi kejadian, yang juga dilakukan untuk memeriksa bahan-bahan dan peralatan yang digunakan oleh para tersangka.

"Olah TKP juga untuk melakukan pengecekan bahan-bahan dan peralatan-peralatan yang digunakan oleh para tersangka," katanya.

Beberapa tersangka yang terlibat dalam produksi narkoba telah ditangkap, termasuk pengendali, pemodal, tukang racik, pemasar, tempat penyimpanan bahan baku, dan pembeli bahan baku yang sudah jadi.

Mereka telah menyewa rumah tersebut selama sekitar enam bulan. Pihak kepolisian masih mengumpulkan informasi lebih lanjut, termasuk hasil pemeriksaan dari Puslabfor untuk mendapatkan detail yang lebih rinci.

"Untuk lebih lengkap nanti kita sampaikan lebih detailnya karena kita masih mengumpulkan juga nanti kita meminta keterangan dari Puslabfor, dan hasilnya apa nanti kita akan sampaikan lebih detail," katanya.

Polda Metro Jaya tengah menyelidiki kasus produksi narkoba ini setelah melakukan penggerebekan pada hari Minggu (28/4).

Kasus ini bermula dari pengembangan kasus penangkapan pembeli dan pengedar narkoba di kawasan BSD, Tangerang Selatan, yang berinisial G dan B.

 

     

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #pertama #kali #indonesia #sebuah #rumah #jadi #laboratorium #narkoba #produksi #tembakau #sintetis

KOMENTAR