7 Kebiasaan yang Menyebabkan Seseorang Tidak Bisa Tidur Nyenyak, Salah Satunya Melewatkan Sarapan
Ilustrasi orang yang sarapan cenderung dapat tidur nyenyak saat malam hari (Brightside.me)
15:16
23 April 2024

7 Kebiasaan yang Menyebabkan Seseorang Tidak Bisa Tidur Nyenyak, Salah Satunya Melewatkan Sarapan

 

Standar waktu istirahat yang baik bagi orang dewasa adalah 7-8 jam.

Namun kenyatannya, 35 persen orang dewasa tidur kurang dari 7 jam setiap malam.

Perlu diketahui, tidur malam yang kurang dapat memengaruhi kesehatan, penampilan, hingga kualitas hidup seseorang.

Terdapat beberapa penyebab seseorang tidak bisa tidur nyenyak sehingga kurang istirahat, di antaranya rasa khawatir dan stres sehingga membuat seseorang menjadi gelisah di malam hari.

Selain itu, beberapa kebiasaan sehari-hari yang dilakukan juga menjadi penyebab seseorang tidak bisa tidur nyenyak.

Apakah kamu sudah mengetahuinya? Jika belum, mari cari tahu dalam artikel ini, dikutip dari Brightside.me, Selasa (23/4).

1. Langsung ke Tempat Tidur


Bagi orang yang menjalani aktivitas padat seharian, mereka akan segera bergegas untuk tidur.

Namun, ternyata melakukan beberapa hal yang menenangkan pikiran sebelum tidur dapat membantu seseorang untuk tidur lebih cepat.

Kamu bisa memakan camilan sebelum tidur, mandi air hangat, atau membaca buku favorit. Setelah melakukan hal yang menenangkan, kamu akan lebih mudah untuk segera terlelap.  



2. Minum Teh Hitam sebelum Tidur

Teh herbal diketahui memberikan efek menenangkan bagi orang yang meminumnya. Bahkan, teh herbal juga digunakan untuk mengobati insomnia selama bertahun-tahun.

Meskipun beberapa jenis teh seperti chamomile atau lavender dapat membantu seseorang merasa rileks hingga meningkatkan kualitas tidur, tetapi kamu harus mengetahui minuman yang justru memberikan efek sebaliknya, salah satunya teh hitam.

Sebagai informasi, teh hitam mengandung kafein tinggi yang justru dapat menyebabkan seseorang merasa gugup dan sulit tidur.

3. Salah Pakai Jenis Selimut

Ada sebagian orang yang tidak bisa tidur tanpa selimut. Namun, memilih selimut yang tepat menjadi hal penting untuk membantu seseorang tidur dengan nyenyak.

Selimut berbahan polyester memang mudah dicuci, tetapi ternyata selimut dengan bahan ini bukanlah selimut terbaik untuk dipilih. Saat kamu menggunakan selimut ini, kamu justru akan sulit bernapas hingga menyebabkan hawa panas dan membuatmu gerah.

Untuk itu, kamu bisa memilih selimut yang terbuat dari wol karena membuatmu tetap hangat dan bisa bernapas dengan baik.  



4. Pergi ke Gym Malam Hari

Berolahraga dapat membantu seseorang merasa rileks dan menghilangkan rasa cemas yang akhirnya meningkatkan kualitas tidur. Perlu diketahui, pergi ke gym satu jam sebelum tidur tidak akan memberikan waktu bagi suhu tubuhmu untuk turun.

Hal ini bisa menyebabkan tidurmu tidak nyenyak dan terbangun di malam hari. Namun, jika kamu lebih suka berolahraga di malam hari, kamu tetap bisa melakukannya dengan intensitas rendah yang dilakukan empat jam sebelum tidur.

5. Tidak Sarapan

Tidak sarapan menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh sebagian besar orang. Padahal, sarapan merupakan hal penting yang seharusnya dilakukan.

Biasanya, orang tidak sarapan karena sibuk atau buru-buru berangkat kerja. Namun, tidak sarapan dapat memengaruhi berat badan dan kemampuan untuk berkonsentrasi. Bahkan, tidak sarapan juga memengaruhi kualitas tidur seseorang.

Orang yang sering melewatkan sarapan cenderung kurang tidur dan bangun dengan perasaan tidak tenang.  



6. Salah Mengenakan Jenis Piama

Piama menjadi baju setelan yang wajib digunakan bagi sebagian orang untuk tidur. Namun, beberapa piama terasa terlalu hangat yang justru membuat seseorang merasa terganggu saat tidur.

Perlu diketahui, seseorang dapat tidur lebih nyenyak saat suhu tubuh sedikit menurun. Untuk itu, pilihlah piama atau pakaian tidur yang terbuat dari bahan alami dan menyerap keringat, seperti linen atau katun.

7. Pakai Karpet di Kamar Tidur


Meski dinilai membuat ruangan terasa nyaman, tetapi meletakkan karpet di sekitar tempat tidur ternyata bukan pilihan terbaik untuk kualitas tidur seseorang.

Bahkan, karpet dapat menampung debu maupun tungau dengan mudah. Hal tersebut dapat menjadi tempat untuk berkembang biak bakteri.

Di sisi lain, penelitian telah menunjukkan bahwa kualitas udara dalam ruangan sangat penting untuk tidur seseorang dan dapat memengaruhi kinerja orang tersebut keesokan harinya.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kebiasaan #yang #menyebabkan #seseorang #tidak #bisa #tidur #nyenyak #salah #satunya #melewatkan #sarapan

KOMENTAR