Rektor Ubhara Dianugerahi Gelar Doktor Kriminologi Dari Universitas Filipina, Ini Sosoknya
Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Irjen (Purn) Prof Dr Drs Bambang Karsono SH MM dianugerahi gelar Doktor Kriminologi (Honoris Causa) dari University of Mindanao (UM), Filipina, pada Rabu (17/4/2024) lalu. 
16:19
21 April 2024

Rektor Ubhara Dianugerahi Gelar Doktor Kriminologi Dari Universitas Filipina, Ini Sosoknya

- Rektor Universitas Bhayangkara Jakarta Irjen (Purn) Prof Dr Drs Bambang Karsono SH MM dianugerahi gelar Doktor Kriminologi (Honoris Causa) dari University of Mindanao (UM), Filipina, pada Rabu (17/4/2024) lalu.

Pemberian gelar tersebut berlangsung dalam acara 44th Mid-Year Commencement Exercises di SMX Convention Center

Dengan penganugerahan gelar tersebut, Prof Bambang Karsono resmi menyandang gelar PhD DCrim (Honoris Causa).

Prof Bambang Karsono mengatakan, dengan penganugerahan gelar PhD DCrim (Honoris Causa) terhadapnya, ia memastikan akan terus berkontribusi untuk kemajuan dunia pendidikan, ilmu pengetahuan, dan pengabdian kepada masyarakat melalui keilmuan yang dimilikinya.

“Saya berkomitmen untuk terus berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan kemajuan masyarakat,” ucap Prof Bambang Karsono dilansir dari ubharajaya.ac.id.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Dr Edi Hasibuan mengatakan bila penobatan gelar PhD DCrim (Honoris Causa) terhadap Prof Bambang Karsono adalah hasil kerja keras dan kepercayaan dunia  internasional terhadap sosok dan kepemimpinan Bambang Karsono  yang menggeluti bidang hukum dan kriminologi serta terus memajukan Universitas Bhayangkara Jakarta.

Menurut dosen kriminologi pascarsarjana ini, tidak banyak tokoh pendidikan indonesia yang mendapatkan gelar doktor kriminologi dari luar negeri.

"Tapi, Prof Bambang Karsono selama ini kita lihat  telah menujukan prestasinya sebagai tokoh pendidikan yang memiliki banyak perhatian dalam bidang hukum, managemen dan kriminologi," kata Edi kepada Tribunnews.com, Minggu (21/4/2024).

Edi menyebut prestasi yang ditorehkan Prof Bambang Karsono tentunya akan membuat institusi Polri bangga.

"Keberhasilan Pak Bambang Karsono tentu membuat Polri dan yayasan Brata Bhakti yang menangungi kampus bhayangkara bangga," ucap manta anggota Kompolnas ini.

Edi Hasibuan juga berharap keberhasilan Bambang Karsono saat ini dan tahun lalu mendapatkan guru besar hukum dari luar negeri  bisa berdampak terhadap peningkatan mutu Universitas Bhayangkara Jakarta.

"Semoga capaian  ini bisa menjadi motivasi kepada seluruh jajaran Polri dan purnawiran Polri agar tidak berhenti untuk  berkarya," kata pemerhati kepolisian ini.

Sosok Irjen (Purn) Bambang Karsono

Irjen (Purn) Bambang Karsono diketahui dilantik sebagai Rektor Universitas Bhayangkara (Ubhara) Jaya periode 2002-2026 oleh Ketua Dewan Pembina Yayasan Brata Bhakti Jenderal Polisi (purn) Chairuddin Ismail, Selasa (29/3/2022).

Ia diketahui sudah menjadi Rektor di Ubhara Jaya sejak 2014 menggantikan Dr Moh Djatmiko.

Ini periode kedua bagi Bambang Karsono menjadi Rektor Ubhara Jaya.

Ia sebelumnya berkarir di kepolisian dengan jabatan terakhir sebagai Inspektur Utama BIN.

Ia kemudian dimutasi menjadi perwira tinggi Mabes Polri dalam rangka pensiun pada Februari 2010.

Setelah pensiun dari kepolisian, ia pun aktif di dunia akademisi dengan menjadi dosen.

Ia tercatat menjadi dosen hukum pidana teroris dan tindak pidana korupsi di Ubhara Jaya.

Pada 2023 lalu, Prof Dr Bambang Karsono pun dikukuhkan sebagai guru besar oleh Universitas Mindanao, Filipina.

Terbaru, ia dianugerahi gelar Doktor Kriminologi (Honoris Causa) dari University of Mindanao (UM), Filipina, pada Rabu (17/4/2024).

Editor: Wahyu Aji

Tag:  #rektor #ubhara #dianugerahi #gelar #doktor #kriminologi #dari #universitas #filipina #sosoknya

KOMENTAR