Aksi Heroik Pemandu Lagu 'Ochi', Lari-lari Bawa Apar saat Gedung New Orange Karaoke Tegal Terbakar
Petugas membawa barang-barang saat evakuasi korban kebakaran tempat hiburan malam di Tegal, Jawa Tengah, Senin (15/1/2024). Kebakaran tempat hiburan malam itu mengakibatkan enam korban yang merupakan pemandu lagu meninggal dan sembilan orang dirawat di RSUD Kardinah akibat sesak napas. [ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah].
16:32
15 Januari 2024

Aksi Heroik Pemandu Lagu 'Ochi', Lari-lari Bawa Apar saat Gedung New Orange Karaoke Tegal Terbakar

Enam orang pemandu karaoke atau Ladies Companion (LC) tewas akibat kebakaran yang melanda gedung New Orange Karaoke, di Jalan Veteran, Kelurahan Mintaragen, Tegal, Jawa Tengah, Senin (15/1/2024).

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Stefanus Satake Bayu, menuturkan peristiwa kebakaran ini terjadi sekira pukul 08.00 WIB.

Bayu mengatakan, beerdasarkan keterangan dari salah seorang saksi, Purwati (50) yang sedang memasak di lantai 1 gedung karaoke tersebut mencium aroma hangus terbakar.

Setelah melakukan pengecekan, Purwari mendapati kepulan asap yang ada di lantai 2 dan 3. Purwati kemudian mengetuk setiap kamar yang ada di lantai 2 dan 3.

Akibat tak kuat dengan bau asap yang menyengat, Purwati kemudian langsung turun ke lantai dasar dan melaporkan temuannya kepada pihak keamanan.

Sementara saksi lainnya yang bernama Ochi (35) melihat asap saat baru pulang dari pasar. Ochi yang juga merupakan salah seorang LC langsung lari naik ke atas untuk menyelamatkan teman seprofesinya.

“Ochi membawa apar (alat pemadam api ringan) karena mengetahui ada kepulan asap di lantai 2,” kata Bayu, saat dikonfirmasi, Senin.

“Kemudian Ochi setelah mengetahui kepulan asap yang keluar dari lantai 3 berinisiatif untuk mengetuk pintu kamar yang berada di lantai 2, namun pada saat mengetuk pintu saksi tidak kuat menghirup asap yang sangat tebal kemudian saksi mengajak teman-teman yang sudah terbangun untuk turun ke lantai 1,” imbuhnya.

Ochi, lanjut Bayu, kemudian langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran. Api dapat dipadamkan sekira pukul 08.40 WIB, usai petugas pemadam berjibaku menjinakan api.

Namun nahas 6 orang pemandu karaoke tewas akibat tidak sempat keluar dari kamar mereka.

Polisi berjaga di tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran tempat hiburan malam di Tegal, Jawa Tengah, Senin (15/1/2024). [ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah].Polisi berjaga di tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran tempat hiburan malam di Tegal, Jawa Tengah, Senin (15/1/2024). [ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah].

Adapun keenam orang tewas akibat kebakaran ini yakni Audi alias Nurmala Adrianti (20), Sandra alias Ika Nurhayatin (26), Putri alias Putri Nur Fajar (28).

Kemudian korban tewas lainnya yakni Anggun alias Anggun Silviana Putri (22), Aski alias Ajeng Siti Qomariyah (26), dan NN alias Ila Saripah (30).

Hingga saat ini, belum diketahui nilai kerugian atas kebakaran tersebut. Sementara penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan meski dugaan awal karena korsleting listrik.

“Masih dalam proses penyelidikan Satreskrim Polres Tegal Kota,” tandas Bayu.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #aksi #heroik #pemandu #lagu #ochi #lari #lari #bawa #apar #saat #gedung #orange #karaoke #tegal #terbakar

KOMENTAR