Tak Hanya Personel, TNI Kerahkan Kapal Perang dan Helikopter untuk Operasi Ketupat 2024
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo cek kesiapan pasukan pengamanan arus mudik 2024. (Foto: Dok Humas Polri)
13:12
3 April 2024

Tak Hanya Personel, TNI Kerahkan Kapal Perang dan Helikopter untuk Operasi Ketupat 2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto mengatakan mengerahkan 67.955 personel dalam Operasi Ketupat 2024.

"TNI menyiapkan 67.955 personel dalam perbantuan kepada Polri untuk pengamanan mudik lebaran,” katanya di Lapangan Silang Monas, Gambir, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Selain puluhan ribu personel, Agus menjelaskan, pihaknya menyiapkan kapal perang dari Jakarta menuju Semarang dan Surabaya untuk mengangkut personel.

"TNI juga menyiapkan angkutan darat, laut dan udara kita ada siapkan seperti KRI yang bisa mengangkut 500 personel dengan membawa sepeda motor dari Jakarta menuju Semarang dan Surabaya. Kita menyiapkan herkules 130 apabila dibutuhkan, kemudian juga beberapa helikopter untuk medis dan SAR,” jelasnya.

Sementara untuk jalur darat, pihak TNI juga menyiapkan bus, truk, mobil derek dan ambulans untuk mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan saat mudik lebaran.

Agus mengimbau, kepada pemudik mempersiapkan kendaraan dan fisik mereka secara maksimal.

Tak hanya itu, ia juga berpesan saat meninggalkan rumah, pemudik harus memastikan rumah terkunci dengan benar serta mematikan lampu dan air sebelum meninggalkan rumah.

"Lampunya dimatikan. Air keran juga dimatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila ingin berkendara, agar kendaraannya di cek dengan benar, membawa obat-obatan yang diperlukan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, ribuan personel gabungan dari unsur TNI-Polri hingga pemadam kebakaran, Satpol PP serta Pramuka hadir dalam apel di Lapangan Silang Monas. Mereka berbaris berbanjar berdasarkan satuan mereka masing-masing.

Tak hanya itu, sejumlah kendaraan yang nantinya akan digunakan dalam bertugas juga terlihat, seperti motor trail milik satuan Brimob, dan Helikopter milik Polairud.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, apel gelar pasukan dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel dalam melaksanakan operasi ketupat jelang pengamanan mudik dan perayaan lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir persiapan rekan-rekan dalam melaksanakan operasi ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinegritas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya idul fitri 1445 hijriah," katanya.

Listyo mengatakan, berdasarkan hasil survei indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik 2023 mecapai 89,5 persen.

"Meningkat 15,7 persen dibandingkan tahun 2022," ucapnya.

Listyo menyebut, berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, Kemenhub RI pada mudik lebaran 2024 lebih masif. Pergerakan masyarakat sebesar 193,4 juta atau meningkat 56,4 persen dibandingkan tahun 2023.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #hanya #personel #kerahkan #kapal #perang #helikopter #untuk #operasi #ketupat #2024

KOMENTAR