Siapkan Ratusan Ribu Personel untuk Pengamanan, Upaya Polri Jaga Keamanan Masa Lebaran 2024
Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024. (Humas Polri)
10:40
2 April 2024

Siapkan Ratusan Ribu Personel untuk Pengamanan, Upaya Polri Jaga Keamanan Masa Lebaran 2024

Jawapos.com–Pada Lebaran tahun ini, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengarahkan personel untuk menjaga keamanan di beberapa titik lokasi.

Melalui Operasi Ketupat yang digelar di beberapa titik fokus lokasi seperti masjid, objek wisata, dan beberapa titik keramaian di seluruh Indonesia.

Dilansir dari Antara pengamanan masa Lebaran Operasi Ketupat akan digelar pada 4-16 April. Untuk jumlah total personel yang akan dikerahkan Polri menurut data Polri sekitar 155.165 personel.

Di antaranya 1.150 dari Mabes Polri, 85.046 dari Polda, dan 68.969 personel instansi lain. Selain itu ada beberapa upaya Polri dalam menjaga keamanan.

  1. Mendirikan pos pengamanan dan pos pelayanan di jalur-jalur mudik.
  2. Melakukan patroli di titik-titik keramaian.
  3. Melakukan pengaturan jalan arteri dan tol seperti contraflow dan one way.
  4. Membatasi operasional angkutan barang pada 5-16 April 2024.
    5. Menyiapkan buffer zone/kantong parkir di beberapa ruas tol untuk mengurai kemacetan.

”Polri telah memberikan imbauan kepada personel gabungan untuk memastikan mudik karena potensi laju pergerakan masyarakat mudik Lebaran 2024 sebesar 71,7 persen atau 193,6 juta orang,” jelas Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo.

Polri juga akan menyiapkan sebanyak 5.784 pos pengamanan, pos pelayanan, dan posko terpadu, untuk menjamin lalu lintas arus mudik dan balik pada Idul Fitri 2024.

”Sekitar 5.784 posko telah disiapkan untuk melayani baik di jalan tol, tempat istirahat, jalan raya, dan jalur wisata,” ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Jakarta Selatan, Senin (25/3).

Sigit menjelaskan, pertemuan rapat tersebut juga membahas mengenai kawasan penyangga khususnya di kawasan simpang Merak untuk mencegah kemacetan lalu lintas.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #siapkan #ratusan #ribu #personel #untuk #pengamanan #upaya #polri #jaga #keamanan #masa #lebaran #2024

KOMENTAR