Akbar Faizal Kritik Keras Nadiem Makarim Soal Eskul Pramuka Dihapus: Menteri Online Merusak Karakter Bangsa
Akbar Faizal. [Youtube AFUncensored]
17:00
1 April 2024

Akbar Faizal Kritik Keras Nadiem Makarim Soal Eskul Pramuka Dihapus: Menteri Online Merusak Karakter Bangsa

Akbar Faizal memberikan kritik buat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Nadiem Makarim terkait dihapusnya kegiatan Pramuka di sekolah.

Dirinya menyampaikan kalau ekstrakurikuler (ekskul) pramuka di sekolah dasar dan menengah itu penting untuk pembentukan karakter siswa.

"Menteri Nadiem Makarim ‘sempurnakan’ kinerja buruknya dgn merusak tools pembentukan karakter siswa. Padahal pramuka bentuk jiwa siswa jadi tangguh," tulisnya seperti dilihat dari akun X miliknya, Senin (1/4/2024).

Akbar menuliskan kalau Nadiem yang tidak memahami Pramuka penting untuk pembentukan karakter siswa. Dirinya pun menyebut kalau Nadiem merusak karakter bangsa.

Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim. (Antara)Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Antara)

"Nadiem anak kota yang kaya. Gak paham yang gini-ginian. Jiwanya adalah cuan. Saya protes keras. Menteri online ini merusak karakter bangsa. @jokowi," tulisnya sambil mencolek akun Jokowi.

Diketahui, penghapusan ekskul Pramuka tertuang dalam Peraturan Mendikbudristek Nomor 12/2024 tentang Kurikulum pada PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Sejarah Pramuka di Indonesia, Kini Justru Dihapus Nadiem Makarim dari Ekstrakulikuler Wajib

Aturan tersebut menghapus Permendikbud 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Editor: Suhardiman

Tag:  #akbar #faizal #kritik #keras #nadiem #makarim #soal #eskul #pramuka #dihapus #menteri #online #merusak #karakter #bangsa

KOMENTAR