BPDB Jatim Kirimkan Bantuan untuk Warga Terdampak Gempa Tuban di Pulau Bawean
Sejumlah petugas BPBD Jatim memasukkan sejumlah bantuan ke KM Bahari Express di Pelabuhan Gresik, Sabtu (23/3/2024). (ANTARA/Rizal Hanafi)
18:16
23 Maret 2024

BPDB Jatim Kirimkan Bantuan untuk Warga Terdampak Gempa Tuban di Pulau Bawean

 - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah bertindak cepat dengan mengirimkan bantuan kepada warga yang terdampak gempa di Pulau Bawean

Paket bantuan yang dikirim mencakup berbagai keperluan penting seperti makanan siap saji, air mineral, terpal, lauk pauk, sembako, matras, selimut, dan tenda untuk pengungsi.

Melansir ANTARA, menurut Sekretaris BPBD Jatim, Andhika N Sudigda, setelah tiba di Pulau Bawean, tim langsung akan membuka tenda pengungsian dan melakukan penilaian awal terhadap kerusakan yang terjadi. Dari hasil penilaian tersebut, mereka akan membuat pemetaan dan merencanakan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan.

"Rencana yang pertama, setelah tiba di Bawean kami akan membuka tenda pengungsian terlebih dahulu dan kemudian melakukan penilaian awal terkait kerusakan yang terjadi," ucapnya.

"Hingga saat ini kami masih belum bisa melaporkan data validnya, oleh karena itu kami hari ini ke sana untuk melakukan pendataan," tambahnya.

Meskipun data valid belum dapat dilaporkan saat ini, BPBD akan melakukan pendataan langsung di lapangan. Dari laporan awal, terlihat bahwa beberapa bangunan seperti dermaga, rumah, masjid, dan sekolah mengalami kerusakan.

"Oleh karena itu kami akan pastikan sendiri, sehingga bisa menangani apa yang harus dikerjakan di hari-hari berikutnya," ujarnya.

Adapun korban luka akibat gempa tersebut dilaporkan hanya dua orang dan kondisinya tidak terlalu serius sehingga tidak perlu dirujuk ke kota.

"Korban yang luka ada dua dan menurut laporan tidak seberapa parah, jadi tidak perlu dirujuk ke kota," tuturnya.

Dalam pengiriman bantuan ini, BPBD bekerja sama dengan berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) seperti dinas sosial, dinas perhubungan, dan biro adpim.

Sebelumnya, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, dilanda gempa bumi dengan magnitudo 6 hingga 6,5 yang berpusat di wilayah Tuban, Jawa Timur, sekitar 40 km sebelah barat pulau tersebut. Akibatnya, infrastruktur dan sejumlah rumah di pulau tersebut mengalami kerusakan.

Warga setempat juga melaporkan kerusakan pada Masjid As Sholihin Muhammadiyah di Desa Kotakusuma, Kecamatan Sangkapura, yang mengalami retakan pada beberapa dinding keramik dan sebagian dindingnya mengalami keruntuhan.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #bpdb #jatim #kirimkan #bantuan #untuk #warga #terdampak #gempa #tuban #pulau #bawean

KOMENTAR