Rekapitulasi Suara Pilpres di 32 Provinsi Tuntas, Prabowo-Gibran Unggul di 30 Provinsi
Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pidato pada acara pemantauan hasil quick count di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2024). (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
15:40
18 Maret 2024

Rekapitulasi Suara Pilpres di 32 Provinsi Tuntas, Prabowo-Gibran Unggul di 30 Provinsi

– Proses rekapitulasi suara di tingkat nasional mengalami perlambatan. Seperti sehari sebelumnya, hingga berita ini selesai ditulis tadi malam, enam provinsi belum menuntaskan rekapitulasi.

Enam provinsi itu adalah Jawa Barat, Maluku, Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya.

Papua Tengah yang sedianya dijadwalkan di KPU pukul 10.00 belum juga memulai rekapitulasi hingga pukul 19.30. KPU disebut merencanakan rekapitulasi untuk Papua Tengah berlangsung pada pukul 21.00.

Meski waktu yang tersisa tinggal tiga hari lagi, Komisioner KPU Mochammad Afifuddin optimistis proses rekapitulasi di sisa daerah tersebut bisa dituntaskan. Jika tak ada hambatan, hari ini (18/3) ada banyak provinsi yang siap. ”Besok (hari ini, Red) pada masuk rencananya,” ujarnya tadi malam. Namun, dia belum memastikan provinsi mana saja.

Sementara itu, situasi tak biasa dialami Jawa Barat dalam proses rekapitulasi suara hasil pemilu. Dalam rekap pemilu tahun ini, Jawa Barat harus merampungkan rekapitulasi hingga menjelang last minute.

Situasi itu bahkan sampai disentil Ketua KPU Hasyim Asy’ari dalam rapat pleno rekapitulasi pada Sabtu (16/3). Hasyim menyebut Jawa Barat tak biasanya harus ikut klaster Papua saat rekapitulasi di semua provinsi di Jawa tuntas sebelumnya.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPU Jawa Barat Ummi Wahyuni menyatakan, Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak di Indonesia. Dengan jumlah TPS terbesar pula, yakni 140.457 TPS.

Rekapitulasi, lanjut dia, sejatinya sudah hampir tuntas. Kekurangan hanya terjadi pada satu kabupaten, yaitu Bekasi. ”Kami telah menyelesaikan rekapitulasi di 26 kabupaten/kota, menunggu satu kabupaten lagi,” jelasnya saat dihubungi kemarin.

Rekapitulasi di Kabupaten Bekasi, kata Ummi, sempat terlambat akibat proses di Kecamatan Tambun Selatan yang membutuhkan waktu panjang. Di kecamatan itu, jumlah TPS-nya sangat besar, yakni 1.223 TPS. ”Tambun Selatan memiliki jumlah TPS lebih besar daripada jumlah TPS yang dimiliki di beberapa kabupaten/kota di Indonesia,” ungkapnya. Karena itu, Ummi memaklumi jika KPU Kabupaten Bekasi membutuhkan waktu lebih lama.

Kendati demikian, Ummi memastikan bahwa pihaknya akan menuntaskan rekapitulasi sesuai dengan tenggat. Kemarin, kata dia, KPU Jawa Barat tengah melanjutkan rekapitulasi untuk merampungkan Kabupaten Bekasi. ”Doakan hari ini (kemarin) selesai di Jabar. Insya Allah besok (hari ini) kami sudah bisa hadir di KPU untuk mengikuti rekapitulasi di tingkat nasional,” tuturnya.

Sementara itu, hingga proses rekapitulasi di 32 provinsi selesai, pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah unggul di 30 provinsi. Dua provinsi yang gagal dimenangkan Prabowo adalah Sumatera Barat dan Aceh. Di dua tempat itu, paslon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar unggul. Sementara, paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD gagal menang, termasuk di Jawa Tengah dan Bali yang menjadi basis pemilih PDIP. (far/c14/fal)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #rekapitulasi #suara #pilpres #provinsi #tuntas #prabowo #gibran #unggul #provinsi

KOMENTAR