Viral Rombongan Umroh Malaysia Rebutan Cium Hajar Aswad di Mekkah, Banjir Hujatan karena Ganggu Jamaah Lain
Jemaah haji berebut untuk mencium Hajar Aswad di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. [Dok.Antara]
16:56
5 Maret 2024

Viral Rombongan Umroh Malaysia Rebutan Cium Hajar Aswad di Mekkah, Banjir Hujatan karena Ganggu Jamaah Lain

Momen para jamaah umroh yang diduga dari Malaysia berebut mencium hajar aswad yang ada di Ka'bah, Mekkah viral di media sosial. Detik-detik para rombongan jamaah yang akan mencapai hajar aswad justru mendapat hujatan karena mengganggu jamaah lain.

Melansir dari Instagram @kabarnegri, Selasa (5/3/2024) para jamaah umroh tersebut bersusah payah mencapai Ka'bah. Jamaah dari negara lain pun berusaha untuk merangsek masuk ke barisan depan untuk bisa menyentuh Ka'bah, termasuk hajar aswad-nya.

"Beredar video jamaah Malaysia berusaha mencium hajar aswad, namun terlihat memaksa dan menyakiti orang sekitar," tulis caption video tersebut.

Rombongan jamaah tersebut awalnya membuka jalan bagi perempuan yang mengekor di belakang. Pimpinan rombongan yang merupakan laki-laki berbadan kekar, membuat jalan sambil berteriak dan sesekali menggeser jamaah lainnya untuk menepi sejenak.

Kondisi sekitar Ka'bah memang cukup ramai, para jamaah perempuan, terpaksa tergencet oleh mayoritas jamaah pria yang sudah lebih dulu mencapai bibir Ka'bah.

"Cara nak ajar bersabar (ini cara untuk bersabar). Waktu ini saya just mampu cakap dengan tim untuk tahan sikit lagi (saat itu saya hanya bilang ke tim saya untuk bertahan sedikit lagi)" cerita jamaah yang disematkan di dalam video.

Ia menceritaka ada tiga perempuan dan beberapa pria yang membantu mengawal para jamaah perempuan mencapai Ka'bah. Setelah perjuangan berdesak-desakan. Tiga perempuan dan rombongan tersebut berhasil mencium hajar aswad.

Momen berebut mencium hajar aswad yang dilakukan jamaah dari Malaysia tersebut justru mendapat kritikan.

"Ini salah ya teman-teman, jangan ditiru. Dzolim ke saesama tamu Allh," celetuk netizen pertama.

"Itu enggak wajib bro, lebih wajib jaga hak-hak orang di sekitar kita," sebut lainnya.

"Kalau kita enggak sabar malah jadi hajar orang," canda netizen lain.

"Bener nih, banyak orang gelap mata demi cium hajar aswad," ujar lainnya.

Meski video tersebut menjadi perdebatan, memang ada waktu yang sudah disiapkan penjaga agar jamaah mampu mencapai Ka'bah, termasuk perempuan. Ada waktu yang dikhususkan waktu sebalum subuh.

Di sisi lain, tak jarang jamaah memilih untuk datang ketika dalam keadaan pagi hingga siang. Mengingat perjalanan juga harus diperhitungkan dari tempat jamaah menginap hingga ke Ka'bah.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #viral #rombongan #umroh #malaysia #rebutan #cium #hajar #aswad #mekkah #banjir #hujatan #karena #ganggu #jamaah #lain

KOMENTAR