Terkuak! Alasan PSI Lebih Pilih Pasang Baliho Jokowi ketimbang Prabowo: Kaesang Terlalu Pede Menang Pilpres
Terkuak! Alasan PSI Lebih Pilih Pasang Baliho Jokowi ketimbang Prabowo: Kaesang Terlalu Pede Menang Pilpres. (tangkapan layar/twitter)
15:08
12 Januari 2024

Terkuak! Alasan PSI Lebih Pilih Pasang Baliho Jokowi ketimbang Prabowo: Kaesang Terlalu Pede Menang Pilpres

Selama masa kampanye Pemilu 2024 ini, baliho Partai Solidaritas Indonesia (PSI), cukup banyak bertebaran di setiap sudut kota Jakarta. Namun, kebanyakan baliho yang dipasang tidak menampilkan foto Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto.

Partai lambang bunga mawar itu lebih memilih untuk memasang foto para Calon Legislatif (Caleg), Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, dan Presiden Joko Widodo. Wajah Prabowo tak jadi pilihan meski PSI merupakan salah satu partai koalisi pendukung Menteri Pertahanan itu.

Menanggapi hal ini, Anggota Fraksi PSI DPRD DKI, August Hamonangan mengakui memang kebanyakan Alat Peraga Kampanye (APK) seperti spanduk, baliho, dan poster PSI kebanyakan tak memasang wajah Prabowo. Hal ini tak hanya terjadi di Jakarta, melainkan daerah lain di Indonesia.

Baliho PSI menampilkan foto Jokowi dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep. (tangkapan layar/twitter)Baliho PSI menampilkan foto Jokowi dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep. (tangkapan layar/twitter)

"Kita lihat hampir seluruh (APK) di Indonesia, secara nasional baliho Kaesang sampai ke kampung-kampung, tapi yang jelas di Jakarta ada beberapa juga. Di dapil saya dapil Jakarta Selatan baliho caleg PSI juga ada kalaupun baliho Caleg PSI tetap yang banyak Kaesang dan Jokowi juga," ujar August kepada wartawan, Jumat (12/1/2024).

Ia menyebut sebenarnya tidak ada arahan khusus dari Kaesang terkait pemasangan baliho harus ada wajah Prabowo atau tidak. Ia menilai Kaesang tak menyampaikan instruksi terkait itu lantaran sudah yakin Prabowo bakal menang Pilpres 2024.

Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto saat berdialog bersama Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Jumat, (12/1/2024). (Dok: Istimewa)Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto saat berdialog bersama Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Jumat, (12/1/2024). (Dok: Istimewa)

"Jadi sepertinya bro Ketum kami terlalu yakin kalau Prabowo-Gibran menang gitu mungkin, yakin banget memang," ucapnya.

Karena itu, ketimbang memasang foto Prabowo dengan tujuan memenangkan Pilpres, PSI lebih memilih menaikkan elektabilitas lewat APK bergambar Kaesang dan Jokowi.

Apalagi, memang partai lambang bunga itu memiliki ideologi Jokowiisme dan tegak lurus pada Jokowi.

"Yang penting PSI lolos dulu deh parliamentary threshold bagaimana menurut sang Kaesang itu yang dilakukan, itu terobosan," pungkasnya.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #terkuak #alasan #lebih #pilih #pasang #baliho #jokowi #ketimbang #prabowo #kaesang #terlalu #pede #menang #pilpres

KOMENTAR