Heboh! Ramai-Ramai Ulama dan Kiai Kampung Deklarasi Tolak Hak Angket DPR untuk Pemilu 2024
Acara deklarasi tolak hak angket oleh Forum Ulama dan Kiai Kampung Jatim. (Antaranews)
20:56
1 Maret 2024

Heboh! Ramai-Ramai Ulama dan Kiai Kampung Deklarasi Tolak Hak Angket DPR untuk Pemilu 2024

 - Forum Ulama dan Kiai Kampung Jawa Timur menolak gagasan hak angket dan mengajak semua pihak untuk menghargai hasil Pemilu 2024.

Menurut Koordinator Forum tersebut, KH. Abdul Bari, upaya untuk menggagas hak angket ini terlihat seperti upaya untuk memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa.

Dikutip dari ANTARA, dalam kegiatan ‘Deklarasi Dukung Pemilu Damai, Tolak Hak Angket Demi Persatuan dan Kesatuan Bangsa serta Keutuhan NKRI’ di Surabaya, Jumat (1/3), ia menjelaskan bahwa deklarasi ini dilakukan karena ada situasi yang dianggap mengganggu kedamaian meskipun pemilu telah selesai.

"Deklarasi ini kami lakukan karena kami melihat pilpres telah selesai, tetapi ada situasi yang mendesak dan mengusik kedamaian," katanya.

Dia bersama ulama dan kiai lainnya merasa terdorong oleh adanya penggiringan opini yang terstruktur dan sistematis, yang mencurigakan adanya kecurangan dalam pemilu 2024 dan menyalahkan Presiden Jokowi sebagai Presiden RI.

Mereka berpandangan bahwa ada sekelompok orang yang tidak puas dengan hasil pemilu dan berusaha memecah belah persatuan bangsa.

"Kami melihat ada sekelompok orang yang tidak puas dengan pemilu dan menggiring opini untuk memecah belah persatuan bangsa," tuturnya.

KH. Abdul Bari meminta agar semua masyarakat tetap menjaga persatuan dan kesatuan dengan menghormati hasil pemilu.

Menurutnya, penyelenggara pemilu telah menjalankan tugasnya dengan baik, bahkan banyak yang sakit dan meninggal dunia setelah bertugas melaksanakan pemilu.

Dia menyampaikan rasa terima kasih kepada penyelenggara pemilu dan aparatur negara atas kesuksesan pesta demokrasi tahun ini.

"Kami berterima kasih pada penyelenggara pemilu dan aparatur negara atas suksesnya pesta demokrasi tahun ini," ujarnya.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #heboh #ramai #ramai #ulama #kiai #kampung #deklarasi #tolak #angket #untuk #pemilu #2024

KOMENTAR