Sejumlah Penghargaan Dibawa Pulang ISI Surakarta dari KMI Expo 2024 di Kendari
Sejumlah prestasi diraih mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dalam Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo Award 2024 di Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara, 23-25 Oktober 2024. 
22:42
27 Oktober 2024

Sejumlah Penghargaan Dibawa Pulang ISI Surakarta dari KMI Expo 2024 di Kendari

- Sejumlah prestasi diraih kontingen mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dalam Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo Award 2024 di Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara, 23-25 Oktober 2024.

Dirintis sejumlah mahasiswi, tim usaha Adhya Kemala yang bergerak di bidang rias, persewaan kostum tari, dan busana adat, sukses meraih penghargaan Juara 1 Kategori Jasa, Pariwisata, dan Perdagangan (Tahapan Awal).

Tim ini terdiri dari tiga mahasiswi, yaitu Wintang Murti Nareswari, Kholifah Sabillah, dan Wahyu Indriya Laksmi, dengan dosen pembimbing dari Program Studi Seni Tari, Maharani Luthvinda Dewi.

Ketua Tim Pokja Natawira (Unit Pelaksana Kegiatan Mahasiswa Wirausaha ISI Surakarta), Nandhang Wisnu Pamenang mengungkapkan latar belakang berdirinya usaha ini karena adanya keresahan minimnya persewaan kostum yang memiliki koleksi baju adat nusantara lengkap di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

"Padahal, kebutuhan dan antusiasme menggunakan busana adat untuk perayaan hari-hari tertentu sangat tinggi," ungkapnya, Minggu (27/10/2024). 

Usaha ini telah bermitra dengan berbagai stakeholder dan memiliki pelanggan setia dari Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Bali hingga Riau.

Selain itu, dalam acara ini ikut lolos juga tim usaha dari Fakultas Seni Rupa dan Desain Program Studi Seni Murni yang masuk dalam kategori Manufaktur dan Teknologi Terapan (Tahapan Awal).

Yaitu Canevas Art Shop, bisnis kewirausahaan yang bergerak di bidang manufaktur dan teknologi terapan yang berada di tahapan awal.


Canevas memproduksi produk berupa kanvas yang terbuat dari bahan-bahan mentah yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi sebuah kanvas utuh. 

"Tujuan utamanya yakni mengurangi vandalisme yang marak terjadi di kampus, memproduksi kanvas yang berkualitas, serta dengan harga yang terjangkau," ungkap Nandhang.

Tim usaha ini terdiri dari Putri Yulia Mahmudah, Eva Nabil Ramadani Putri, Yusuf Chandra Satria Utama, dan Rafi Kurniawan Wastyantoro, dengan pembimbing dosen Prodi Seni Murni, Yulianto.

Tak cuma itu, kontingen ISI Surakarta juga meraih penghargaan sebagai Juara 3 pada Kategori Kirab Budaya KMI Expo Award 2024 di Universitas Halu Oleo ini.

Nandhang mengatakan, keberhasilan ini merupakan kerja keras bersama melalui Pokja Natawira, Biro Akademik serta Wakil Rektor dan Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat ISI Surakarta.

"Pihak-pihak tersebut tak henti-hentinya memfasilitasi dalam membangun sebuah ekosistem yang mengembangkan bidang prestasi non-akademik bagi mahasiswa yaitu kewirausahaan," ungkapnya. 

(Tribunnews.com)

Editor: Wahyu Gilang Putranto

Tag:  #sejumlah #penghargaan #dibawa #pulang #surakarta #dari #expo #2024 #kendari

KOMENTAR