Tornado Porak-porandakan Rancaekek, Kini Sidoarjo Disiram Hujan Es
Ilustrasi hujan es [Foto: ANTARA]
17:04
27 Februari 2024

Tornado Porak-porandakan Rancaekek, Kini Sidoarjo Disiram Hujan Es

Cuaca ekstrem sedang melanda beberapa wilayah di Indonesia. Peristiwa tornado baru saja melanda wilayah Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, 21 Februari 2024.

Selain itu, beredar video yang memperlihatkan cuaca ekstrem berupa hujan es di Sidoarjo. Video detik-detik hujan es melanda Sidoarjo dimuat oleh akun @alexarvnews 26 Februari 2024.

"Baru Saja Badai Dahsyat dan Hujan Es Sidoarjo Jawa Timur Hari ini 26 Februari 2024 , Ratusan Rumah Rusak," tulisnya.

Hujan deras diawali dengan suara yang berbeda dari biasanya, kemudian turunlah hujan es yang cukup keras dan menimbulkan suara di atap rumah. Hujan es ini tidak hanya terjadi di satu tempat, beberapa wilayah di Sidoarjo juga mengalaminya. Selain hujan es, angin kencang juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang.

Di Kecamatan Cemengkalang, dilaporkan ada pohon tumbang di depan KPU Sidoarjo. Sedangkan di Perumahan Pondok Mutiara dan Pondok Jati, terdapat 5 pohon tumbang yang bahkan menutup Exit Tol Sidoarjo.

Salah satu warga Desa Gajah Magersari, Catur mengatakan, hujan es tersebut tidak berlangsung lama. "Iya tadi terjadi hujan es, sekitar 10 menit, suaranya klotak-klotak," ucapnya dikutip dari Ketik.co.id--partner Suara.com.

BMKG Juanda sebelumnya telah memberikan informasi mengenai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Surabaya dan Sidoarjo.

Hujan es di Sidoarjo ini menjadi pengingat agar masyarakat selalu waspada terhadap cuaca ekstrem dan selalu mengikuti informasi prakiraan cuaca dari BMKG.

Editor: Eliza Gusmeri

Tag:  #tornado #porak #porandakan #rancaekek #kini #sidoarjo #disiram #hujan

KOMENTAR