Ini Kegiatan Para Menteri Kabinet Merah Putih dan Utusan Khusus Presiden di Akmil Magelang
Presiden Prabowo Subianto Wakil Presiden Gibran Rakabuming kenakan seragam Komcad ikut latihan baris berbaris di Kawasan Akmil, Magelang, Jawa Tengah, Jumat, (25/10/2024). 
09:42
25 Oktober 2024

Ini Kegiatan Para Menteri Kabinet Merah Putih dan Utusan Khusus Presiden di Akmil Magelang

- Kegiatan para menteri Kabinet Merah Putih dan para Utusan Khusus Presiden di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah pada Jumat (25/10/2024) sudah dimulai pukul 06.45 WIB, pagi tadi.

Diketahui, mereka dikumpulkan di Akmil Magelang tak lain untuk mendapatkan beberapa pembekalan terkait gotong royong hingga himbauan untuk menjauhi tindak korupsi.

Pasalnya, mereka adalah ujung tombak tata kelola pemerintahan negara.

Adapun kegiatan diawali dengan latihan baris-berbaris.

Tidak seperti calon TNI, mereka hanya diberikan pemahaman khususnya gerakan-gerakan dasar dalam berbaris.

Menteri Kehutanan Raja Juli Antoni menjelaskan kegiatan tersebut meliputi enam gerakan dasar yang biasanya dilakukan di kementerian atau lembaga saat upacara.

Raja Juli menambahkan, selama latihan para menteri mengenakan baju loreng khas komponen cadangan (komcad).

"Iya, baru saja selesai olahraga dan latihan dasar pelatihan baris-berbaris."


"Enam gerakan dasar saja, yang biasa dilakukan di kementerian bila upacara. Iya, pakai baju Komcad," jelas Raja Juli, Jumat, dikutip dari Kompas.com.

Agenda selanjutnya yakni sesi pembekalan untuk pencegahan korupsi.

"Sekarang lagi bersih-bersih, sarapan, lalu masuk ke sesi," jelas Raja Juli.

Dalam agenda ini Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka juga mengikuti acaranya.

"Presiden dan Wapres ikut seluruh kegiatan, olahraga dan baris-berbaris. Bahkan Presiden hadir di lokasi pertama, paling dulu," kata Wakil Menteri Dalam Negeri Bima Arya.

Prabowo membuka kegiatan pembekalan tersebut pada pukul 08.30 WIB.

Diketahui, pembekalan terkait pencegahan korupsi ini merupakan satu dari empat tema yang akan diberikan dalam agenda ini.

Alasan Agenda Digelar

Sebelumnya, Prabowo mengungkapkan alasan mengajak para menteri ke mengikuti pembekalan di Magelang.

Alasan itu dibeberkan Prabowo saat memimpin sidang kabinet paripurna perdana di Kantor Presiden, Kompleks Istana, Jakarta, Rabu (23/10/2024).

"Saudara, saya sangat mengutamakan kerja sama sebagai tim. Untuk itu, dalam waktu dekat saya akan mengajak saudara ke Magelang di mana kita akan melaksanakan beberapa hari menambah pembekalan, kemudian kita akan adakan koordinasi-koordinasi di tempat di Magelang, Jawa Tengah, kawasan akademi militer," kata Prabowo.

Ia meyakini, pembekalan nanti akan membawa banyak manfaat.

Apalagi, Magelang merupakan kota bersejarah yang dulunya merupakan salah satu tempat perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah.

 "Hal itu saya nilai akan membawa banyak manfaat, karena sesungguhnya lahirnya Republik kita memang proklamasi di Jakarta tapi ujian proklamasi berada di daerah-daerah di mana pejuang-pejuang kita melaksanakan perebutan kemerdekaan secara fisik."

 "Dan daerah Magelang merupakan suatu sentra perlawanan kita terhadap penjajah mulai ratusan tahun dikenal sebagai darah perjuangannya Pangeran Diponegoro di antara 5 gunung itu saya kira cukup membawa suatu aura tradisi keberanian, tradisi heroisme, tradisi cinta tanah air," jelas Prabowo.

(Tribunnews.com/Galuh Widya Wardani/Taufik Ismail)(Kompas.com)

Editor: Garudea Prabawati

Tag:  #kegiatan #para #menteri #kabinet #merah #putih #utusan #khusus #presiden #akmil #magelang

KOMENTAR