Tegas! Bakamla Usir Kapal Coast Guard Tiongkok yang Kembali Masuk Landas Kontinen Indonesia di Laut Natuna Utara
Personel Bakamla saat mengusir kapal Coast Guard Tiongkok dari Landas Kontinen Indonesia di Laut Natuna Utara. (Bakamla)
11:08
24 Oktober 2024

Tegas! Bakamla Usir Kapal Coast Guard Tiongkok yang Kembali Masuk Landas Kontinen Indonesia di Laut Natuna Utara

- Badan Keamanan Laut (Bakamla) kembali mengambil langkah tegas atas tindakan yang dilakukan oleh kapal Coast Guard Tiongkok, CCG 5402, pada Kamis (24/10). Tindakan itu dilakukan menyusul aksi kapal CCG 5402 yang kembali memasuki wilayah yurisdiksi Indonesia. Persisnya di Perairan Natuna Utara, Kepulauan Riau.

Berdasar keterangan resmi dari Bakamla, Direktur Operasi Laut Bakamla Laksamana Pertama Bakamla Octavianus Budi Susanto menyampaikan bahwa Bakamla langsung mengerahkan KN. Pulau Dana-323 untuk melakukan intercept atas tindakan yang dilakukan oleh kapal CCG 5402. Langkah itu diambil setelah upaya komunikasi diindahkan oleh kapal CCG 5402.

”Pukul 07.30 WIB KN. Pulau Dana-323 melakukan kontak komunikasi namun tidak direspons oleh kapal CCG 5402, justru malah mendekati serta mengganggu MV. Geo Coral yang sedang melakukan kegiatan survei,” ungkap Bakamla melalui keterangan resmi yang diterima oleh JawaPos.com.

Oleh karena itu, KN Pulau Dana-323 menghalau kapal CCG 5402 agar keluar dari Landas Kontinen Indonesia dan tidak lagi mengganggu kegiatan survei MV. Geo Coral. Pengusiran yang dilakukan oleh Bakamla terhadap kapal Coast Guard Tiongkok di Landas Kontinen Laut Natuna Utara merupakan bentuk nyata komitmen Bakamla.

”Untuk selalu menjaga keamanan di laut sesuai dengan tugas dan fungsi Bakamla, melalui patroli yang dilakukan oleh unsur-unsur Bakamla,” terang mereka.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #tegas #bakamla #usir #kapal #coast #guard #tiongkok #yang #kembali #masuk #landas #kontinen #indonesia #laut #natuna #utara

KOMENTAR