Demi Lahirkan Penerbang Andal Skadron Udara 200 Puspenerbal Laksanakan Latihan Terbang Malam
Pesawat-pesawat Puspenerbal saat unjuk kemampuan. (TNI AL)
21:24
23 Oktober 2024

Demi Lahirkan Penerbang Andal Skadron Udara 200 Puspenerbal Laksanakan Latihan Terbang Malam

 

- Skadron Udara 200 Wing Udara 2 Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) menyelenggarakan latihan terbang malam pada Selasa malam (22/10). Latihan khusus itu dilaksanakan sebagai bagian dari pelaksanaan tugas mereka untuk melahirkan para penerbang andal di TNI AL. 

Untuk mendukung latihan terbang malam itu, mereka mengerahkan pesawat Bell-505 Jet Ranger X dan Beechcraft G-36 Bonanza. Komandan Skuadron Udara 200 Wing Udara 2 Letkol Laut (P) Erich Yuliontirta menjelaskan bahwa Bell-505 Jet Ranger X dilengkapi dengan instrumen Garmin G-1000 yang sangat membantu dalam melatih penerbang muda. 

”Sistem Garmin G-1000 memberikan tampilan digital yang intuitif, sehingga para calon penerbang bisa lebih cepat memahami kondisi penerbangan secara real-time dan mempersiapkan diri untuk mengawaki pesawat yang lebih modern di Skuadron operasional,” terang dia. 

Tidak kalah penting, pesawat Beechcraft G-36 Bonanza memainkan peran signifikan dalam program pelatihan tersebut. Pesawat itu tidak hanya dirancang untuk latihan, tetapi juga telah menunjukkan keandalannya dalam berbagai misi dan demonstrasi udara. Letkol Erich menambahkan bahwa Bonanza memberikan pengalaman terbang yang stabil dan presisi bagi para penerbang muda.

”Sehingga mereka siap menghadapi berbagai tantangan di lapangan,” tegasnya. 

Beechcraft G-36 Bonanza adalah salah satu pesawat milik TNI yang hadir dalam ajang Bali International Air Show 2024. Juga memeriahkan perayaan HUT Ke-79 TNI di Jakarta dan Dayung Perahu Naga Panglima CUP di Palembang. 

”Kami bangga dengan keterampilan penerbang Rajawali Laut Flight yang telah tampil mengesankan di berbagai acara bergengsi. Ini menjadi bukti bahwa pelatihan dan teknologi yang kami gunakan benar-benar membuahkan hasil,”  Erich. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #demi #lahirkan #penerbang #andal #skadron #udara #puspenerbal #laksanakan #latihan #terbang #malam

KOMENTAR