Kandidat Ajudan Presiden Prabowo Subianto dari Tiga Matra TNI, dari Pasukan Khusus, Pelaut Andal, sampai Penerbang Tempur
Presiden Prabowo Subianto saat mengumumkan menteri dan wakil menteri. (Kemensetneg)
11:24
23 Oktober 2024

Kandidat Ajudan Presiden Prabowo Subianto dari Tiga Matra TNI, dari Pasukan Khusus, Pelaut Andal, sampai Penerbang Tempur

- Sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, Presiden Prabowo Subianto akan memiliki empat ajudan. Masing-masing berasal dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, dan Polri. Nama-nama dari tiga matra TNI sudah bermunculan. Mereka adalah Kolonel Infanteri Wahyo Yuniartoto, Letkol Laut (P) Romi Habe Putra, dan Kolonel Penerbang Anton Pallaguna. 

Sebagai perwira menengah dari tiga matra TNI, mereka sudah makan asam garam dalam berbagai medan tugas. Mereka sudah mengabdikan diri kepada bangsa dan negara lebih dari 20 tahun. Kolonel Wahyo misalnya, dia merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 2001. Wahyo adalah pasukan khusus di Komando Pasukan Khusus (Kopassus). 

Sementara Letkol Romi merupakan perwira menengah TNI AL yang kini bertugas sebagai salah seorang komandan kapal perang milik Angkatan Laut. Dia juga tercatat sebagai lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) pada 2002. Bila dilantik menjadi ajudan presiden, Romi akan mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi kolonel. 

Terakhir, Kolonel Anton. Penerbang tempur Angkatan Udara tersebut juga bukan orang sembarangan. Anton merupakan penerbang jet buatan rusia, Sukhoi SU 27/30. Sejak lulus dari Akademi Angkatan Udara (AAU) pada 2000 silam, dia pernah menduduki sejumlah posisi penting di TNI AU. Anton merupakan salah seorang anak didik Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI M. Tonny Harjono. 

Tiga perwira menengah dari tiga matra TNI itu disebut-sebut telah melalui seleksi ajudan presiden. Namun demikian, keputusan tetap ada ditangan Presiden Prabowo Subianto. Jadi atau tidak mereka bertugas sebagai ajudan, bergantung pada penilaian akhir yang dilakukan oleh presiden. Jika terpilih, mereka akan menggantikan peran Mayor Infanteri Teddy Indra Wijaya sebagai ajudan Prabowo.

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #kandidat #ajudan #presiden #prabowo #subianto #dari #tiga #matra #dari #pasukan #khusus #pelaut #andal #sampai #penerbang #tempur

KOMENTAR