Calon Ajudan Presiden Prabowo dari TNI AU, Penerbang Pesawat Tempur yang Jadi Murid Langsung KSAU
Pesawat tempur TNI AU tampil dalam demonstrasi udara pada HUT ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
10:48
23 Oktober 2024

Calon Ajudan Presiden Prabowo dari TNI AU, Penerbang Pesawat Tempur yang Jadi Murid Langsung KSAU

- Kolonel Penerbang Anton Pallaguna bukan nama asing bagi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI M. Tonny Harjono. Perwira menengah TNI AU itu merupakan salah seorang murid KSAU. Dia pernah dididik dan dilatih secara langsung oleh orang nomor satu di Angkatan Udara tersebut. Kini namanya muncul sebagai salah seorang kandidat ajudan Presiden Prabowo Subianto. 

Kepada awak media di Jakarta, Tonny menyampaikan bahwa Anton adalah muridnya. ”Penerbang Sukhoi, F-16, dan siswa saya. Saya pengajar dia,” ungkap Tonny.

Dia pun menyampaikan bahwa secara keseluruhan ada enam perwira menengah yang ikut dalam proses seleksi. Baik untuk menjadi ajudan presiden maupun ajudan wakil presiden. Hasilnya hanya satu nama yang nanti bakal diumumkan oleh Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres).

”Kalau nggak salah ada enam. Kan ada calon ajudan presiden dan wakil presiden. Yang terpilih (untuk jadi ajudan presiden) Kolonel Anton, yang wakil presiden belum,” ungkap Tonny. 

Dia memastikan bahwa Anton sudah terkonfirmasi bakal menjadi ajudan Presiden Prabowo. Namun demikian, masih harus menunggu surat resmi. Termasuk surat keputusan menteri, keputusan panglima TNI, dan keputusan KSAU. Di jajaran TNI AU, Anton dikenal dengan call sign Sioux.

Dia andal dalam menerbangkan pesawat tempur Sukhoi SU-27/30. Juga mampu menerbangkan pesawat tempur F-16. Salah satu jabatan yang pernah dia duduki adalah komandan Skadron Udara 11. 

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #calon #ajudan #presiden #prabowo #dari #penerbang #pesawat #tempur #yang #jadi #murid #langsung #ksau

KOMENTAR