Absen di Pelantikan AHY Sebagai Menteri di Istana, Ternyata Moeldoko Ada di Sini
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko saat berpidato di acara Konferensi ke-37 FAO Asia Pasifik di Kolombo, Sri Lanka, Rabu (21/2/2024). (Dok. KSP)
19:44
21 Februari 2024

Absen di Pelantikan AHY Sebagai Menteri di Istana, Ternyata Moeldoko Ada di Sini

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko tak hadir dalam acara pelantikan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY sebagai Menteri ATR/BPN di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Ternyata, Moeldoko menghadiri acara lain di waktu yang sama.

Diketahui, Moeldoko berada di Kolombo, Sri Lanka untuk menghadiri acara Konferensi ke-37 FAO Asia Pasifik.

Di sana, ia memaparkan tiga prioritas transformasi pertanian dan pangan untuk menghadapi krisis pangan di Asia Pasifik.

Pertama, transformasi cara bertani. Moeldoko menekankan pentingnya mendorong pertanian yang lebih efisien dengan teknologi dan berkelanjutan.

Kerja sama kawasan dalam pengembangan teknologi pertanian perlu diperkuat.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko saat berpidato di acara Konferensi ke-37 FAO Asia Pasifik di Kolombo, Sri Lanka, Rabu (21/2/2024). (Dok. KSP)Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko saat berpidato di acara Konferensi ke-37 FAO Asia Pasifik di Kolombo, Sri Lanka, Rabu (21/2/2024). (Dok. KSP)

Kedua, transformasi produk pangan. Kawasan Asia Pasifik, yang kaya sumber daya hayati, harus membangun ketahanan pangan dengan diversifikasi pangan.

Moeldoko mencontohkan Indonesia yang mengembangkan pangan non-beras seperti sagu dan sorgum.

“Kerjasama kawasan dalam pengembangan pangan non-beras perlu diperkuat,” kata Moeldoko.

Ketiga, transformasi aktor atau petani. Moeldoko menyoroti masalah regenerasi petani di kawasan dan dunia. Petani semakin tua dan sulit menarik minat anak muda. Untuk menjawab tantangan ini, Indonesia bekerja sama dengan FAO membangun program regenerasi petani.

Program ini meliputi pelatihan berjenjang dari hulu ke hilir, termasuk penggunaan teknologi smart farming dan cara berbisnis yang menguntungkan.

“Cara ini terbukti menarik minat anak muda ke sektor pertanian,” kata Moeldoko.

AHY Dilantik

Diberitakan sebelumnya, putra Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, AHY akhirnya mendapatkan jabatan di masa kabinet Jokowi. AHY baru saja dilantik menjadi Menteri ATR/BPN, hari ini, 21 Februari 2023.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat ini menggantian Hadi Tjahjanto yang beralih tugas menjadi Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Keduanya dilantik bersamaan di Istana Negara.

Hadi Tjahjanto (kedua kiri) dan Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) mengucapkan sumpah saat dilantik menjadi Menko Polhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A].Hadi Tjahjanto (kedua kiri) dan Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) mengucapkan sumpah saat dilantik menjadi Menko Polhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A].

Saat membagikan foto berdoa bersama istri dan anaknya di akun media sosial X, AHY dibanjiri ucapan selamat dari netizen karena akhirnya menjadi menteri.

Namun temui satu komentar yang cukup menarik perhatian yang menyebut nama Moeldoko.

"Selamat bertemu pak Moeldoko mas.. silahkan berdiskusi mau di bawa kemana partai demokrat ke depan," tulis akun X @didin Syamsudin, 21 Februari 2024.

Untuk diketahui, Moeldoko juga menjadi bagian dari pemerintahan Jokowi dan menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia.

Hubungan Moeldoko dengan Demokrat sempat memanas, bermula ketika Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono menuding ada upaya pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat secara paksa.

AHY menduga gerakan itu melibatkan pejabat di lingkar terdekat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dugaan itu mengarah ke Moeldoko.

Sementara saat pelantikan AHY hari ini, kehadiran sosok Moeldoko tak tampak di Istana Negara.

Editor: Ria Rizki Nirmala Sari

Tag:  #absen #pelantikan #sebagai #menteri #istana #ternyata #moeldoko #sini

KOMENTAR