Menanti Sampai 9 Tahun Lamanya, SBY Bersyukur Akhirnya Demokrat Masuk 'Istana'
Agus Harimurti Yudhoyono dan istri, Annisa Pohan saat memberikan keterangan pers usai dilantik menjadi Menteri ATR/BPN di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (Suara.com/Novian)
16:32
21 Pebruari 2024

Menanti Sampai 9 Tahun Lamanya, SBY Bersyukur Akhirnya Demokrat Masuk 'Istana'

Presiden ke-6 RI yang juga Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY bersyukur setelah sekian lama Partai Demokrat berada di luar pemerintah, kini pada akhirnya bisa menjadi bagian dari pemerintahan.

Bergabungnya Partai Demokrat di dalam pemerintahan ditandai dengan masuknya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono  atau AHY di kabinet sebagai Menteri ATR/BPN.

Rasa syukur SBY atas bergabungnya Demokrat di pemerintahan itu dituturkan AHY usai dilantik menjadi menteri di Istana Negara.

"Beliau tentunya juga bersyukur karena ini menjadi sebuah momentum Partai Demokrat kembali ke pemerintahan. Banyak yang mungkin belum menyadari Demokrat selama 9 tahun 4 bulan berada di luar pemerintahan dan ini sebuah momentum bersejarah," tutur AHY, Rabu (21/2/2024).

Bukan cuma SBY yang bersyukur, AHY selaku ketum juga mengucapkan alhamdulillah atas bergabungnya Demokrat di sisa masa jabatan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Karena alhamdulilah apa yang kami perjuangan selama ini bisa lebih direalisasikan jika Demokrat bergabung di pemerintahan secara langsung karena kebijakan itu di tangan eksekutif, walaupun perjuangan di parlemen juga sangat penting," kata AHY.

Jokowi Ajak AHY Masuk Kabinet

Presiden Joko Widodo atau Jokowi diapit Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dan Menko Polhukam Hadi Tjahjanto usai proses pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (Suara.com/Novian)Presiden Joko Widodo atau Jokowi diapit Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dan Menko Polhukam Hadi Tjahjanto usai proses pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (Suara.com/Novian)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi membawa masuk Partai Demokrat ke kabinet di sisa masa pemerintahan 2019-2024. Masuknya Demokrat ke kabinet ditandai dengan pelantikan ketua umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Menteri ATR/BPN.

Lantas, apakah Jokowi turut berkoordinasi dengan PDI Perjuangan sebelum akhirnya memutuskan mengajak bergabung AHY di pemerintahan?

Mengingat PDIP yang merupakan partai pengusung Jokowi sekaligus merupakan partai pemenang di Pemilu 2019.

Menanggapi pertanyaan itu, Jokowi tidak memberikan jawaban spesifik.

"Jadi pertama ini urusan yang berkaitan dengan Menteri ATR/BPN, Mas Agus Harimurti Yudhoyono," kata Jokowi usai melantik AHY di Istana Negara, Rabu (21/2/2024).

Sementara itu, salah satu menteri dari PDIP, Azwar Anas yang juga turut hadir memberikan penjelasan mengapa ada sejumlah menteri dari PDIP tidak hadir dalam pelantikan AHY pada hari ini. Azwar sendiri menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Azwar menegaskan kehadiran dirinya selaku menteri yang di bawah Menkopolhukam. Seperti diketahui secara bersamaan dengan AHY, Jokowi turut melantik Hadi Tajahanto sebagai Menkopolhukam.

"Saya nggak ngerti ya. Kan kami diundang karena memang di bawah Kemenko Polhukam. Ini kan menteri terkait yang dilantik hari ini yang di bawah Menko Polhukam," kata Azwar.

Lebih lanjut, politikus PDIP ini enggan berkomentar perihal bergabungnya Partai Demokrat di sisa masa pemerintahan Presiden Jokowi.

"Saya tidak berkomentar soal itu, yang lain aja. Oke, ya. Makasih," kata Azwar.

Editor: Ria Rizki Nirmala Sari

Tag:  #menanti #sampai #tahun #lamanya #bersyukur #akhirnya #demokrat #masuk #istana

KOMENTAR